Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

FKG Usakti Laksanakan PKM

Yuk, Dukung Puskesmas Realisasikan Program Kesehatan Masyarakat

Selasa, 11 Oktober 2022 22:54 WIB
Pelaksanaan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti. (Foto: FKG Usakti)
Pelaksanaan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti. (Foto: FKG Usakti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) melaksanakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi berupa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan dilakukan bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat.

Ketua Pelaksana PKM drg. Marta Juslily menuturkan, Pengabdian Kepada Masyarakat FKG Usakti merupakan bentuk tanggung jawab sosial Universitas Trisakti dalam pemberdayaan masyarakat. Khususnya di bidang kesehatan umum dan kesehatan gigi dan mulut.

Dia menerangkan, dengan adanya pandemi Covid-19, semua merasakan pentingnya kolaborasi dan saling mendukung antarinstitusi pendidikan dan institusi kesehatan dalam mewujudkan program-program kesehatan Pemerintah. Khususnya yang ada di fasilitas pelayanan kesehatan primer.

Baca juga : Berdikari Dukung Keamanan Pasokan Pangan Di Jabar

“Seperti diketahui, dampak pandemi Covid-19 selain secara langsung mengancam kesehatan masyarakat, fasilitas pelayanan primer, dalam hal ini Puskesmas, juga terdampak. Karena banyak program preventif dan promotif tidak dapat terlaksana terkendala berbagai sumber daya," tuturnya, seperti keterangan yang diterima redaksi, Selasa (11/10).

PKM dengan tema "Pentingnya Vaksinasi Covid-19, Pencegahan DBD dengan Program Pemberantasan Sarang Nyamuk serta Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi", tim PKM FKG Usakti mengajak masyarakat, terutama tenaga kesehatan di Puskesmas Palmerah, Jakarta Barat, dapat membantu dan mendukung Puskesmas dalam merealisasikan program-program kesehatan bagi masyarakat wilayahnya.

PKM FKG Usakti kali ini terdiri dari drg. Marta Juslily, drg. James Handojo, drg. Yessy Ariesanti, drg. Mieke Kumala, drg. Eddy, drg. Idham Tegar Badruzzaman, dr. Ismail Fatahillah Elang Priyo Sismadi, dr. Balqis Khansa Nabila, Anisa Febria, Elita Theofani Juliawan, Erlyn Rahayu, Evi Sarmayana, Jessica APulina Ginting, Aneizza Danya Puteri, Aqillah Aeriza Putti, Kharissa Kemala V, Cinantya Putri Parahita, Viola Wanda Aini, dan Richard Tridarmawan.

Baca juga : BEM FKG Trisakti Lakukan Penyuluhan Kesehatan Gigi Di SDN Benhil 05 Pagi

Pada kegiatan PKM, Tim FKG Usakti memberikan materi-materi berupa e-book tentang pentingnya vaksinasi Covid-19, pencegahan DBD, dan pentingnya menjaga kesehatan di masa pandemi, beserta video-video pelatihan dan poster kesehatan.

Kepala Puskesmas Palmerah dr. Darus Sahmedi mengucapkan terima kasih untuk segenap civitas FKG Usakti yang sudah memberikan kontribusi dalam fungsi mendidik dan mengedukasi dengan dibuatnya poster serta e-book agar menambah pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan sehingga tercipta masyarakat yang berpengetahuan, mandiri, dan sadar akan arti kesehatan.

Dengan PKM ini, lanjut drg. Marta Juslily, diharapkan dapat memberikan dukungan terhadap program-program kesehatan di Puskesmas Kecamatan, khususnya untuk pendidikan dan pelatihan bagi para kader kesehatan dan kader jumantik dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya terkait topik kesehatan terkini.

Baca juga : Lestari Dukung Gerakan Peningkatan Gizi Masyarakat

"Besar harapan kami, melalui kegiatan ini para kader kesehatan dapat menjadi motor penggerak perilaku masyarakat untuk menjaga kesehatan dan berperilaku sehat dalam komunitasnya. Bagi Puskesmas Kecamatan Palmerah, kiranya PKM ini dapat membantu dan mendukung Puskesmas dalam merealisasikan program-program kesehatan bagi masyarakat wilayahnya" tutup drg. Marta Juslily.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.