Dark/Light Mode

BEM FKG Trisakti Lakukan Penyuluhan Kesehatan Gigi Pada Siswa SD

Kamis, 15 September 2022 11:16 WIB
Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut BEM FKG Trisakti di SD St Mikael, Jakarta Pusat. (Foto: Dok. Usakti)
Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut BEM FKG Trisakti di SD St Mikael, Jakarta Pusat. (Foto: Dok. Usakti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk kedua kalinya, Biro III Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) berhasil mengadakan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut secara tatap muka (luring) semenjak pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir. Acara berlangsung dari pukul 09.00 WIB pagi hingga 11.30 WIB siang di SD St Mikael, Jakarta Pusat, Sabtu (10/9).

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut (PKM) merupakan kegiatan berkala yang dilaksanakan Biro III BEM FKG Usakti yaitu Biro Pengabdian Masyarakat. Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan agar dapat menambah ilmu dan wawasan baru siswa-siswi Indonesia dalam menjaga dan meningkatkan kesadaran akan kesehatan gigi dan mulutnya. Sebab, kebiasaan kecil seperti sikat gigi yang baik dan benar perlu ditanamkan sejak dini.

Baca juga : Menteri ATR: Pastikan Pengadaan Tanah IKN Perhatikan Hak Adat

Pelaksanaan acara dikoordinatori drg Abdul Gani Soulisa, diketuai Astrid Charity Joy bersama wakil ketuanya Irene Tania Bijaya dengan bimbingan drg Lia Hapsari Andayani dan drg Rosalina Tjandrawinata. Acara dihadiri Kepala SD St Mikael Maria Dwi Lestari Widyaningsih, perwakilan guru-guru pendamping/wali kelas, serta seluruh siswa-siswi kelas 4 hingga kelas 6 SD St Mikael yang berjumlah sekitar 220 orang. 

Kegiatan dimulai dengan kata sambutan Kepala Sekolah dan drg Lia Hapsari Andayani serta penyerahan plakat kepada SD St Mikael. “Bentuk kegiatan penyuluhan ini berupa penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut dengan sesi tanya jawab, lalu dilanjutkan dengan simulasi sikat gigi bersama dengan panduan mahasiswa koas FKG Universitas Trisakti yang totalnya berjumlah 32 orang,” ucap drg Lia Hapsari Andayani, seperti keterangan yang diterima redaksi, Kamis (15/9).

Baca juga : Sering Lontarkan Pernyataan Kontroversi, DPR Minta Dudung Ubah Sikap

Selain itu, kegiatan diikuti dengan pelaksanaan kegiatan games berhadiah serta pembagian souvenir sikat gigi dan pasta gigi gratis yang disponsori oleh Jordan Oral Care kepada seluruh siswa/siswi SD St Mikael yang mengikuti kegiatan tersebut.

Penyuluhan dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Peserta dan panitia wajib menggunakan masker, serta adanya kewajiban panitia untuk melakukan Swab test sebelum hari pelaksanaan kegiatan penyuluhan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.