Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kunker Ke Magetan, Ibas Tinjau Saluran Irigrasi Ke Kebun Kimchi

Jumat, 14 Oktober 2022 13:17 WIB
Ibas saat meninjau kebun sayur di Magetan, Jawa Timur, Rabu (12/10). (Foto: Istimewa)
Ibas saat meninjau kebun sayur di Magetan, Jawa Timur, Rabu (12/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) berkunjung ke  Desa Dadi, Magetan, Jawa Timur, Rabu (12/10). 

Pada kesempatan tersebut, Ibas berkunjung untuk meninjau bantuan program saluran irigasi Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI). Ibas juga mampir untuk melihat langsung perkebunan sayur Desa Dadi.

“Selamat sore Bapak-Ibu semua, salam kimchi,” gurau Ibas menyapa masyarakat Desa Dadi yang disambut ramai antusias terutama kalangan perempuan. “Ibu-ibu ini pasti nontonnya drama Korea terus nggih?! haha.. ngertinya pasti salam kimchi (sayur khas Korea), yaa kaan...?!” lanjutnya. “Karena tau daerah Plerengan isinya sayur-mayur, kalau kita datang ke Desa Dadi yang harus diingat juga pasti sayur-mayurnya, betul ya,” sahut Ibas.

“Dari 16 saluran irigasi yang kami kawal di Magetan, alhamdulillah Desa Dadi sudah dialiri air. Irigasi itu kelihatannya sederhana, dari atas sampai ke Lereng Lawu. Ada berapa yang bisa dialiri, uakeh (banyak) tho?! dan semuanya menghasilkan. Ada wortel, tomat, cabai, sawi, dan masih banyak lagi,” sambungnya.

Baca juga : Ketua MPR Ajak Ormas Tanamkan Nilai Kebangsaan

Saluran irigasi yang dibangun sepanjang ratusan meter di desa tersebut, selain berfungsi sebagai irigasi perkebunan, juga bermanfaat sebagai saluran air pencegah banjir pemukiman yang berada di bawahnya. 

Setelah meninjau irigasi, Ibas lalu memberikan bantuan berupa alat handsprayer untuk perkebunan dan ribuan paket beras untuk masyarakat. Ibas bahkan tanpa ragu turun ke perkebunan untuk mencoba handsprayer bersama pekebun tomat.

Wakil Rakyat Partai Demokrat dari Dapil Jatim VII ini  juga berpesan agar para pekebun di Desa Dadi tetap semangat bekerja. Sayur-mayur merupakan kebutuhan pokok yang kaya akan gizi, Ibas berharap hasil kebun ini nantinya juga dapat dirasakan anak-cucu agar menjadi generasi yang sehat. 

“Selain berkebun juga bisa meningkatkan pendapatan dan ketahanan pangan keluarga, menanam sayur juga bisa menyelamatkan kehidupan. Di masa depan nanti anak-anak kita akan bisa berpikir cerdas dan sehat, sehingga ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengubah negara kita menjadi negara yang adil dan makmur,” pesan Ibas.

Baca juga : Sowan Ke Ulama Karismatik Banjarmasin, Ganjar: Beliau Ajarkan Nilai Kebaikan 

Ketua Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Boja, Radi mengucapkan terima kasih kepada Ibas atas kawalan bantuan saluran irigasi untuk Desa Dadi

“Terima kasih Mas Ibas, irigasi ini bisa melancarkan saluran pertanian dan perkebunan untuk kesejahteraan warga Desa Dadi. Kami doakan semoga Pak Ibas diberi panjang umur, kesehatan, dan kelancaran dalam usaha apapun,” doa Radi.

Ratmi mewakili pekebun di Desa Dadi juga bersyukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan Ibas.

“Terima kasih pada Mas Ibas, berkat bantuan saluran air dan jalan ke sawah, semua warga Desa Dadi sangat merasakan manfaatnya. Kami tidak bisa membalas kebaikan Mas Ibas, kami hanya bisa mendoakan semoga Mas Ibas selalu sukses, sehat, dan bisa mendukung masyarakat kecil seperti saya.”

Baca juga : Kerek Usaha Mitra Binaan, Jasa Raharja Gelar Program JR Preneur

Iswati selaku petani dan pegawai serabutan sangat senang atas kedatangan Ibas dan bantuan sembako yang diberikan.

“Terima kasih atas segala bantuan dari Mas Ibas, semoga bantuannya menjadi bermanfaat bagi semua masyarakat Desa Dadi, dan jaya untuk Mas Ibas!” ujar Iswati.

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.