Dark/Light Mode

Ganjar Beli Lima Pompa Mobile Baru, Disiagakan Di Titik Rawan Banjir Rob

Sabtu, 15 Oktober 2022 21:59 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memimpin Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Bencana di halaman kantor Pemprov Jateng, Jumat (14/10).
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memimpin Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Bencana di halaman kantor Pemprov Jateng, Jumat (14/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo membeli lima buah pompa mobile baru untuk menghadapi musim pen. Lima pompa itu disiagakan di titik rawan banjir rob, antara lain Pekalongan, Tegal, Semarang, hingga Kudus. 

"Nah ini, kemarin kita baru pengadaan. Ini pompanya. Masih baru jadi skrupnya dipasang sendiri," kata Ganjar usai memimpin Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Bencana di halaman kantor Pemprov Jateng, Jumat (14/10). 

Baca juga : Srikandi Ganjar Sumsel Ajak Perempuan Majukan Pendidikan Indonesia

Ganjar mengatakan, keberadaan pompa mobile ini akan sangat membantu penanganan banjir. Selain itu, kata Ganjar, pompa mobile juga dapat mengatasi dampak domino dari bencana tersebut, seperti lalu lintas. 

"Peralatan ini kita adakan karena melihat
pengalaman sebelumnya. Peralatannya bisa membantu, meskipun masyarakat juga harus disiapkan," ujarnya. 

Baca juga : Kemendagri Minta Pemda Fokus Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Provinsi Jateng, Eko Yunianto menyebut pompa mobile itu memiliki kapasitas 250liter per jam. Hal itu disampaikannya saat mendampingi Ganjar. 

“Kita pengadaan lima unit. Sudah disebar ke Tegal, Pekalongan, Semarang, Kudus. Kapasitasnya 250 liter per jam,” tegasnya. 

Baca juga : Muslim Indonesia Moderat Dipromosikan Di Radio Prancis

Ganjar juga memastikan seluruh pintu pompa air dalam kondisi menyala. Ganjar berharap, seluruh petugas pompa memastikan mesin berfungsi maksimal. 

Sebagai informasi, musim penghujan mulai melanda Jateng. Beberapa hari terakhir sejumlah wilayah mengalami hujan dengan intensitas tinggi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.