Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang Deklarasi Capres Dan Cawapres KIR

Cak Imin Girang, Kepala Garuda Kalem Aja Tuh

Minggu, 16 Oktober 2022 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kanan). (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kanan). (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bila tidak ada aral melintang, Koalisi Indonesia Raya (KIR) yang digagas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra akan mendeklarasikan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar secara resmi, sebagai calon presiden dan calon wakil presidennya akhir Oktober ini.

Dikonfirmasi kabar ini, elite Gerindra irit bicara. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Desmond J Mahesa membenarkan rencana deklarasi ini. “Rencananya begitu,” kata Desmond dalam pesannya kepa­da Rakyat Merdeka, kemarin.

Lebih jelasnya, Wakil Ketua Komisi III DPR itu menyarankan, meminta penjelasan lebih lanjut kepada Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

Baca juga : Ganjar-Airlangga Menang Di Seluruh Segmen Pemilih

Serupa, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, KH Irfan Yusuf Hasyim juga enggan menjawab rencana deklarasi yang diungkapkan oleh Ketua Bidang Pembangunan Desa dan Pertanahan DPP PKB, Marwan Ja’far. “Saya sudah seminggu di Jombang (Jawa Timur) mas,” tu­tur cucu Hadratusyaikh Hasyim Asy’ari ini.

Sebelumnya, Marwan Ja’far menyatakan, Gerindra-PKB akan mendeklarasikan capres-cawapres akhir Oktober ini. Deklarasi dilakukan karena dua partai politik ini hubungannya semakin erat.

“Deklarasi Prabowo-Cak Imin itu diperkirakan akhir bulan ini, dan infonya seperti itu dan sudah diumumkan,” ucap Marwan ditemui wartawan di Blora, Jawa Tengah, Kamis (13/10).

Baca juga : Suara Miring Ke Anies Bising Di Jagat Maya

Bahkan, untuk memuluskan dan memeriahkan deklarasi ini, semua anggota legislatif di tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten kota akan dikumpulin di Jakarta. Bahkan, semua ang­gota PKB dan Gerindra di daerah sudah diperintahkan menghadiri deklarasi.

“Nanti akan dilanjutkan bimtek (bimbingan teknis) di Jakarta semua DPRD se-Indonesia dari DPR, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota akan didatang­kan di Jakarta tanggal 28 sampai 30 Oktober,” sambungnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar me­nyebutkan, koalisi PKB-Gerindra segera mendeklarasikan Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Baca juga : Gelar Deklarasi, Jejaring Panca Mandala Berharap Pancasila Tegak Di Kaltim

“Kita sudah berkoalisi dengan Gerindra, sudah menandatangani kontrak kerja sama. Insya Allah segera ditindaklanjuti dengan kesepakatan-kesepakatan. Termasuk deklarasi kesepakatan calon presiden dan wakil presiden. Dalam waktu dekat (diumumkan), paling lama akhir bulan,” kata Cak Imin ke­pada wartawan di Gelanggang Remaja Jakarta Timur, Jumat (7/10). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.