Dark/Light Mode

Pesan TGB Untuk Kandidat Capres Yang Unggul Di Survei

Rabu, 19 Oktober 2022 19:42 WIB
Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainul Majdi (Foto: Instagram/tuangurubajang)
Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainul Majdi (Foto: Instagram/tuangurubajang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainul Majdi menyampaikan pesan penting bagi para calon pemimpin nasional, meskipun baru masuk di ruang survei. Menurutnya, harapan publik perlu disambut dengan gagasan dan tawaran solusi bagi persoalan bangsa, bukan hanya dengan beradu popularitas dan gimmick di media sosial.

Ia juga menekankan, siapa pun yang kelak akan jadi capres, tidak boleh menggunakan cara-cara kampanye yang dapat merusak keberagaman, persatuan, dan keluhuran bangsa Indonesia. "Menuduh, menjelekkan, mendiskreditkan satu sama lain, hingga masyarakat pun terbelah. Jangan terulang lagi," pesan TGB, seperti keterangan yang diterima redaksi, Rabu (19/10).

Baca juga : Penyaluran BLT BBM Sudah Capai 98,6 Persen, Yang Belum Rampung Cuma Papua

TGB juga menyampaikan pesan bagi masyarakat pemilih, agar bersikap kritis terhadap para kandidat. "Kritis melihat prestasi, karya nyata yang berdampak luas bagi rakyat, termasuk apa yang harus diperbaiki," katanya. "Jangan sampai kita memilih dalam kegelapan, memilih semata atas sentimen identitas, apalagi gender," sambungnya.

Selama ini, ruang publik sudah mulai dijejali nama-nama kandidat capres-cawapres. TGB melihat, tidak ada bakal calon presiden yang punya niat mencederai publik, tidak ada yang ingin membuat rakyat hidup terpuruk. Semuanya memiliki niat, cita-cita, dan harapan baik.

Baca juga : Copot Menteri Yang Tidak Serius Kerja

"Ada Pak Ganjar Pranowo yang sudah berkiprah hampir 2 periode sebagai Gubernur Jawa Tengah. Ada Pak Anies Baswedan yang sempat sebentar menjabat menteri. Ada Pak Prabowo Subianto yang sudah memberikan contoh bagaimana kompetisi ketat dan hebat bisa ditutup dengan semangat kolaborasi dengan menjadi menterinya Bapak Presiden Jokowi. Ada juga Ibu Puan Maharani yang terlahir dari keluarga pemimpin bangsa. Dari kepemimpinan politik yang beliau telah perjuangkan sejak lama, Ibu Puan bisa memahami kerumitan masalah kebijakan yang harus diurai dan dipecahkan, terutama dengan energi positifnya sebagai perempuan Indonesia," papar TGB.

Catatan penting dari TGB, masyarakat luas perlu diberi tahu, bagaimana pandangan para kandidat calon pemimpin bangsa atas nasib Indonesia ke depan. Bagaimana Indonesia bisa menjadi rumah yang nyaman, aman, dan sejahtera bagi semua anak bangsa. Partai-partai politik pun harus sigap membuka jalur edukasi politik publik yang konstruktif dan membangun perspektif tentang Indonesia ke depan, jangan hanya bicara seputar mekanik utak-atik angka kemungkinan koalisi.

Baca juga : PKS Akan Putuskan Capres Di Forum Majelis Syura

Husnuzan ke Presiden
TGB juga mengajak masyarakat untuk berhusnuzan kepada Presiden Jokowi. TGB mengaku, dirinya adalah satu dari banyak orang lain yang mengenal dengan sangat baik Presiden Jokowi. Dirinya pernah berkomunikasi dengan sangat intens, baik dalam suasana serius maupun dalam kehangatan persahabatan. "Saya amat sangat yakin, tanpa sedikit pun keraguan, beliau adalah pemimpin yang amanah,” imbuhnya.

Menurut TGB, Jokowi adalah pemimpin terhormat, pemimpin yang akan dicatat sejarah dalam goresan tinta emas, karena sanggup membawa bangsa Indonesia melewati krisis hebat pandemi Covid-19, dengan kemenangan dan keselamatan bagi sebagian besar warga negara. “Tanpa Presiden yang berkomitmen dengan hati dan kerja ikhlas bagi rakyatnya, maka pandemi yang kita rasakan kemarin mungkin masih menghantui kita hari ini,” tutup TGB.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.