Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Buka Semarang Expo, Ganjar Berharap Geliat UMKM Di Jateng Meningkat

Kamis, 20 Oktober 2022 12:00 WIB
Gubernur Jateng Ganjar saat menghadiri Kabupaten Semarang Expo (KAMEX) 2022 di Lapangan Jenderal Soedirman Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jateng, Kamis (20/10). (Foto: Istimewa)
Gubernur Jateng Ganjar saat menghadiri Kabupaten Semarang Expo (KAMEX) 2022 di Lapangan Jenderal Soedirman Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jateng, Kamis (20/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terus mendorong kehadiran event multi stakeholder untuk membangkitkan geliat UMKM. Ganjar mengatakan, kehadiran banyak stakeholder akan membantu persoalan UMKM. 

Hal itu disampaikan Ganjar saat menghadiri Kabupaten Semarang Expo (KAMEX) 2022 di Lapangan Jenderal Soedirman Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jateng, Kamis (20/10). Dalam event KAMEX 2022, dihadirkan puluhan stand UMKM di bidang kuliner, kerajinan ekonomi kreatif (ekraf), fashion, sneakers dan art, hingga flora dan fauna. 

"Mudah-mudahan nantinya pelaku UMKM ini bisa menampilkan karyanya sekaligus ini kan ada bank, banknya kita harapkan lebih proaktif lagi. Kalau perlu ada ngobrol-ngobrol atau bincang UMKM, sehingga persoalan UMKM yang ada itu bisa disampaikan," kata Ganjar. 

Baca juga : Bazar Sembako Murah Sahabat Ganjar Diserbu Warga Ciracas

Ganjar mengatakan, kehadiran bank dan perusahaan-perusahaan lain sebagai stakeholder UMKM bisa sangat membantu. Ganjar mengatakan, persoalan yang banyak terjadi di UMKM adalah akses permodalan hingga kesulitan pemasaran. 

"Perlu training-training menjual secara digital. Sehingga kalau itu bisa dilakukan, kekuatan ekonomi yang ada di masyarakat, di rakyat, apalagi yang kecil dan mikro ini bisa di-blow up," kata Ganjar. 

Ganjar melalui Pemprov Jateng dan pemerintah kabupaten/kota se-Jateng berkomitmen untuk mendukung geliat UMKM ini. Ganjar berharap, akan ada buyer yang datang ke berbagai event UMKM. 

Baca juga : Ganjar Capres Makin Menguat

"Tugas pemerintah di kabupaten semarang keren menurut saya, difasilitasi dan bekerja sama dengan banyak sponsor sehingga nantinya bisa ketemu. Mudah-mudahan bisa terjadi jual beli di sini, ada buyer-buyer yang bisa datang lebih banyak," tuturnya. 

Dalam lawatannya ke KAMEX 2022, Ganjar juga melaunching aplikasi Apiks (aplikasi Pariwisata ter-Integrasi Kabupaten Semarang) yang merupakan bagian dari Strategi Jejaring Pengembangan Pariwisata (Si Japar) si Jateng. Ganjar berharap, aplikasi Apiks juga bisa membantu geliat UMKM di sektor pariwisata sekaligus mendorong wisata lokal. 

"Aplikasi Apiks ini harapan kita juga memberikan ruang nanti untuk para pelaku wisata bisa menjual, memamerkan, menjelaskan, dan mengajak wisatawannya untuk datang," pungkas Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.