Dark/Light Mode

Berkat Inovasi Eco Water Elevator JOB Tomori

Suku Loinang Di Tombiobong Kini Bisa Nikmati Air Bersih

Kamis, 20 Oktober 2022 21:04 WIB
Pesawat, warga suku Loinang bisa memanfaatkan air bersih dan MCK (Mandi, Cuci, Kakus) di rumahnya. Ini semua berkat inovasi Eco Water Elevator yang digagas JOB Tomori. (Dok. Pertamina Hulu Energi)
Pesawat, warga suku Loinang bisa memanfaatkan air bersih dan MCK (Mandi, Cuci, Kakus) di rumahnya. Ini semua berkat inovasi Eco Water Elevator yang digagas JOB Tomori. (Dok. Pertamina Hulu Energi)

 Sebelumnya 
Melalui program pendidikan yang bekerja sama dengan TK Aisyiyah, JOB Tomori membangun sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang mengarahkan anak untuk mengenal pembelajaran dan bermain bersama pada tahun 2019.

Pada tahun 2020, JOB Tomori bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Universitas Hasanuddin, melakukan kegiatan intervensi gizi sensitif dan spesifik kepada ibu hamil dan balita untuk pencegahan stunting.

Program ini telah membawa perubahan perilaku. Misalnya, ibu hamil sudah bersedia untuk diperiksa dan tidak lagi menyembunyikan kehamilannya. Anak-anak juga terus dipantau gizinya dengan memberikan makanan tambahan sehat dan vitamin.

Baca juga : Warga Palestina Bisa Nikmati Air Laut Bak Kristal Biru

“Baru satu orang yang mau melahirkan di fasilitas kesehatan. Mantunya Pak Pesawat. Mereka biasanya melahirkan sendiri di hutan atau sungai, tanpa bantuan orang,” tutur Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Banggai Sri Moxsa Djalamang.

Sri mengaku senang mendapat bantuan dari JOB Tomori. Menurutnya, JOB Tomori memiliki komitmen sama untuk memberdayakan masyarakat dengan membangun gedung PAUD yang lebih layak.

Termasuk pembangunan sarana air bersih yang saat ini sudah bisa dinikmati rumah tangga Dusun Tombiobong.

Baca juga : Hore, Warga Flores Timur Sudah Bisa Nikmati 4G LTE Telkomsel

“Ini nikmat luar biasa. Awalnya kami bangun sekolah bertahap, mulai dari mengumpulkan batako, dan semen. Tapi ketika JOB Tomori masuk (memberikan bantuan dana CSR/Corporate Social Responsibility), bangunan langsung selesai,” kata Sri.

Pihaknya bersyukur, sejauh ini program bersama JOB Tomori berjalan lancar. Dirinya berharap, sinergi ini berlanjut.

“Semoga JOB Tomori bisa terus bermitra dengan kami, memperhatikan Komunitas Adat Terpencil Suku Loinang,” harapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.