Dark/Light Mode

Berkat Inovasi Eco Water Elevator JOB Tomori

Suku Loinang Di Tombiobong Kini Bisa Nikmati Air Bersih

Kamis, 20 Oktober 2022 21:04 WIB
Pesawat, warga suku Loinang bisa memanfaatkan air bersih dan MCK (Mandi, Cuci, Kakus) di rumahnya. Ini semua berkat inovasi Eco Water Elevator yang digagas JOB Tomori. (Dok. Pertamina Hulu Energi)
Pesawat, warga suku Loinang bisa memanfaatkan air bersih dan MCK (Mandi, Cuci, Kakus) di rumahnya. Ini semua berkat inovasi Eco Water Elevator yang digagas JOB Tomori. (Dok. Pertamina Hulu Energi)

 Sebelumnya 
Sri juga senang karena anakanak di Tombiobong kini sudah bisa baca tulis. Bahkan, sebagian dari mereka sudah bisa membantu orang tuanya untuk menghitung hasil rotan yang dijual.

Memang, kondisi di sana belum tersedia aliran listrik. Sebagian warga masih mengandalkan genset atau aki motor untuk penerangan.

Baca juga : Warga Palestina Bisa Nikmati Air Laut Bak Kristal Biru

Karena itu, menurut Sri, warga berharap ada listrik masuk ke permukiman adat. Termasuk fasilitas jembatan yang representatif.

“Penduduk ingin ada jembatan yang bisa dilewati kendaraan roda empat,” harapnya.

Baca juga : Hore, Warga Flores Timur Sudah Bisa Nikmati 4G LTE Telkomsel

Sebenarnya, Suku Loinang berpotensi mempunyai lahan perkebunan produktif karena mendiami areal seluas 50 hektare. Saat ini, lahan mereka ditanami jagung, kacang-kacangan dan umbi-umbian.

Dengan adanya program bercocok tanam, maka mata pencarian utama Suku Loinang adalah berkebun.

Baca juga : BLT Migor Bagian Dari Program PEN

“Mencari rotan dan damar ke hutan itu sekarang sudah menjadi kebutuhan tambahan saja,” ujar Comdev Officer JOB Tomori Hidayat Monoarfa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.