Dark/Light Mode

Orang Partai, Ganjar Pranowo Potensial Didukung KIB

Jumat, 21 Oktober 2022 19:16 WIB
Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PAN, dan PPP berpeluang mengusung tokoh eksternal menjadi capres dan cawapres di Pilpres 2024. Sebab, salah satu kriteria capres yang bakal diusung KIB adalah orang partai.

Hal itu menjadi sinyal KIB akan mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024. Diketahui Ganjar merupakan orang partai, yakni kader PDIP, yang saat ini menjadi Gubernur Jawa Tengah.

Kriteria capres KIB dari orang partai disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara, usai mengikuti rangkaian acara HUT ke-58 Golkar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca juga : Sahabat Ganjar Manfaatkan Jumat Berkah Untuk Dulang Dukungan

Amir mengatakan, capres yang diusung oleh KIB tidak harus tokoh internal KIB, tetapi bisa dari luar dengan catatan merupakan orang partai.

"Tidak juga harus orang internal KIB. Tapi kita ingin orang partai," kata Amir, Jumat (21/10).

Amir enggan menyebut nama-nama tokoh yang dimaksud. Namun, kata dia, KIB cenderung memilih orang partai politik karena sudah mengikuti kaderisasi yang berjenjang di level partai.

Baca juga : PDIP Nilai Pernyataan Ganjar Pranowo Siap Jadi Capres Tidak Langgar Aturan

"Saya nggak nyebut ada nama. Tapi kita ingin orang parpol yang kita usung. Karena orang Parpol itu sudah pahamlah, sudah dibina dari bawah," kata Amir.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto juga sudah memastikan bahwa bakal pasangan capres-cawapres yang akan diusung KIB merupakan orang partai politik.

"KIB itu mempunyai calon tersendiri dan KIB sudah bersepakat bahwa calon itu adalah yang berkiprah di partai," ujar Airlangga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.