Dark/Light Mode

Lewat Trans Jateng, Ganjar Ciptakan Layanan Transportasi Murah, Aman, dan Nyaman

Senin, 24 Oktober 2022 17:26 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

 Sebelumnya 
Sementara itu, Ketua Komunitas Peduli Transportasi Semarang (KPTS) Theresia Tarigan mengapresiasi Ganjar atas keberadaan Trans Jateng yang memiliki kualitas pelayanan baik.

Apalagi, kata dia, konsep Trans Jateng juga mengarah ke aglomerasi untuk pengembangan ekonomi wilayah. Menurut Theresia, Trans Jateng adalah solusi alternatif saar angka kecelakaan dan kepemilikan kendaraan pribadi masih tinggi.

Baca juga : Sahabat Sandi Pekanbaru Ciptakan Lapangan Kerja Baru Melalui Digital Marketing

Theresia pun mendorong Ganjar dan jajaran Pemprov Jateng untuk terus berkolaborasi dengan banyak pihak.

"Ukuran keberhasilan angkutan umum adalah persentase warganya yang menggunakan angkutan umum. Memang mencapai 60 persen pengguna angkutan umum tidak mudah," kata dia.

Baca juga : Sahabat Ganjar Siapkan Generasi Muda Berdaya Saing Teknologi

"Namun jika upaya ini berkolaborasi dengan pemerintah pusat terkait kebijakan leasing kendaraan pribadi, subsidi bbm, SOP SIM yang lebih ketat, pajak kendaraan pribadi, kebijakan parkir, maka lebih mudah mendapatkan skala ekonomi angkutan umum," sambungnya.

Adapun, saat ini BRT Trans Jateng sudah memiliki enam koridor dengan total 98 armada. Layanan rutenya meliputi Semarang-Bawen, Purwokerto-Purbalingga, Semarang-Kendal, Purworejo-Magelang, Solo-Sragen, dan Semarang-Grobogan.

Baca juga : Relawan Srikandi Ganjar Jatim Ajak Perempuan Berani Memulai Usaha

Trans Jateng akan membuka Koridor 7 dengan rute Solo-Wonogiri yang bakal direalisasi pada 2023 mendatang. Titik awal perjalanan koridor Trans Jateng rute tersebut dari Terminal Tirtonadi Solo sampai dengan Terminal Tipe C Wonogiri di sebelah utara Pasar Wonogiri Kota. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.