Dark/Light Mode

Kapolri Imbau Polisi Tak

Pamer Gaya Hidup Mewah

Selasa, 25 Oktober 2022 07:55 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Antara)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Apalagi pada saat melak­sanakan dinas disesuaikan. Kapolres seperti apa, kapolda seperti apa, kapolsek seperti apa, sehingga kemudian kita tidak terlihat mencolok karena berbeda. Dan itu dianggap men­jadi hal-hal yang kemudian dianggap itu hedonis. Memang sulit tapi harus kita lakukan,” tegas Sigit lagi.

Mantan Kadiv Propam Polri ini bilang, imbauan ini dilakukan bukan hanya untuk anggota tapi juga berlaku untuk keluarga, agar saling mengingatkan untuk tidak bergaya hidup mewah.

Baca juga : TGB Imbau Para Capres Tak Sibuk Gimik Dan Adu Popularitas

“Ingatkan keluarga kita, karena memang apapun yang terjadi dengan keluarga kita sorotan­nya tetap kepada anggota polri sorotannya terhadap Institusi Polri,” imbuhnya.

Selain gaya hidup, Sigit me­wanti-wanti jajaran perwira tinggi (Pati) untuk meniadakan potensi pungutan liar alias pungli terkait jabatan di institusi Korps Bhayangkara.

Baca juga : Australia Cemas Polisi China Beroperasi Di 80 Kota Dunia

“Kita-kita yang atasan-atasan ini harus mengurangi hal-hal atau menghilangkan hal-hal yang membuat anggota kemu­dian memiliki alasan untuk melakukan pungli, dengan alasannya untuk melakukan setoran ke atasan. Ini tolong ditiadakan,” tegasnya.

Menurutnya, As SDM Mabes Polri Irjen Pol Wahyu Widada juga sudah melakukan berbagai upaya agar tidak ada tindakan terkait pungli untuk masuk seko­lah polisi ataupun naik jabatan.

Baca juga : Kapolri: Kapolda Yang Tak Mampu Kembalikan Kepercayaan Publik Akan Dievaluasi

Sigit meminta pihak yang mencatut namanya untuk pungli jabatan atau masuk sekolah Polri agar ditangkap.

“Ini sudah saya cek di Mabes tidak ada seperti itu termasuk juga kalau ada yang bawa-bawa nama saya tolong tangkap, lapor­kan,” terang jebolan Universitas Indonesia (UI) ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.