Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perkuat Pariwisata, Ganjar Tanam 1000 Pohon Di Lahan Gersang Blora

Kamis, 27 Oktober 2022 10:37 WIB
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memperkuat pariwisata dengan penanaman bibit pohon di lahan gersang Bukit Serut Singonegoro, Jiken, Blora, Jateng, Rabu (26/10). (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memperkuat pariwisata dengan penanaman bibit pohon di lahan gersang Bukit Serut Singonegoro, Jiken, Blora, Jateng, Rabu (26/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memperkuat pariwisata dengan penanaman bibit pohon di lahan gersang Bukit Serut Singonegoro, Jiken, Blora, Jateng. Menurut Ganjar, penanaman bibit pohon akan mendukung keindahan pariwisata. 

"Maka mumpung hujannya lagi banyak, ayo kita tanamkan sebanyak-banyaknya juga. Maka ini bisa menjadi tempat pariwisata yang bagus," kata Ganjar di lokasi, Rabu (26/10). 

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar bersama mahasiswa, kelompok masyarakat, dan kelompok tani menanam 1.000 bibit pohon kenang, kantil, pule, serut, garu, alpukat, hingga cemara secara simbolis. 

Ganjar mengatakan, lahan gersang tersebut masih bisa ditanami sejumlah bibit pohon yang lain seperti tanaman buah. 

Baca juga : Ganjar Targetkan 95 Persen Jalanan Di Jateng Mulus 

"Di area yang masih relatif gersang seperti ini, momentum musim hujannya betul-betul dipakai untuk menanam sebanyak-banyaknya. Tadi ada usulan Pak Bupati (Blora) umpama, tanaman buah dan pohon-pohon yang orang-orang ngga mau nebang," katanya. 

Ganjar pun meminta pengelola wisata Bukit Serut untuk menata kawasan tersebut menjadi lebih indah. Mantan anggota DPR RI itu juga mendorong adanya keterlibatan perguruan tinggi untuk membantu pengembangan wisata Bukit Serut. 

"Maka kalau ini bisa di-manage dengan baik, tadi saya lanskapnya ditata yang bagus sehingga indah. Kalau perlu ngundang perguruan tinggi, sehingga kalau nanti mau dikembangkan, orang datang ke sini betul-betul bagus," katanya. 

Ganjar berpesan kepada pengelola wisata dan para pelancong untuk menjaga kebersihan Bukit Serut yang sudah ditanami bibit pohon. Ganjar berharap, kebersihan  yang ada di kawasan ini tetap terjaga. 

Baca juga : Lewat Trans Jateng, Ganjar Ciptakan Layanan Transportasi Murah, Aman, dan Nyaman

"Yang kedua saya sampaikan agar sampahnya dikelola dengan baik, jangan sampai kotor. Jadi buat aturan dari bawah, dari sini disiapkan pengelolaannya, sehingga nanti bisa bagus," katanya. 

Sebagai informasi, Bukit Serut yang ditanami pohon merupakan lahan milik perhutani yang dikerjasamakan dengan masyarakat. Saat ini, masyarakat setempat memanfaatkan lahan ini sebagai tempat pariwisata. 

"Ini kebaikan hati dari Perhutani bisa dikelola oleh masyarakat dan dipakai untuk pariwisata," kata Ganjar. 

Untuk diketahui, Ganjar juga tengah gencar melakukan penanaman pohon komoditas di lahan tak produktif. Salah satunya penenaman bibit jagung di lahan 10 hekatare milik Kodam IV/Diponegoro di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jateng. 

Baca juga : Ganjar Bakal "Disidang" Hasto

"Saya sampaikan terima kasih pada Kodam IV/Diponegoro beserta jajarannya karena dalam konteks ketahanan pangan mereka cukup serius. Lahan-lahan yang dimiliki Kodam sekarang ditanami jagung," kata Ganjar di lokasi, Rabu (28/9).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.