Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kebut Pembangunan Infrastruktur

Ganjar Targetkan 95 Persen Jalanan Di Jateng Mulus 

Rabu, 26 Oktober 2022 17:24 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau perbaikan ruas Jalan Mulyorejo - Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jateng, Rabu (26/10). (Foto: Ist)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau perbaikan ruas Jalan Mulyorejo - Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jateng, Rabu (26/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menargetkan 95 persen jalan di Jateng mulus. Sebab itu, Ganjar terus mengebut perbaikan infrastruktur. 

"Untuk infrastruktur jalan, Alhamdulillah dari 2.404 kilometer jalan provinsi saat ini 90 persen lebih kondisinya sangat baik. Sampai akhir tahun nanti kita targetkan mencapai 95 persen," kata Ganjar dalam keterangannya, seperti dikutip Rabu (26/10). 

Untuk mencapai target itu, Ganjar melakukan perbaikan ruas jalan dengan sistem gotong royong antar Bupati/Wali Kota. Hal itu disampaikannya saat meninjau perbaikan ruas Jalan Mulyorejo - Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jateng. 

"Memastikan ini bantuan keuangan (bankeu) kita berjalan baik dan ini hasilnya cukup bagus sehingga kita bisa membantu kabupaten. Bupati juga berikhtiar. Ini bagian dari cara kita kerja gotong royong. Jadi ada yang dari kabupaten, ada dari kita," kata Ganjar. 

Baca juga : Ketemu Ganjar, TGB Bahas Persoalan Bangsa Hingga Capres 2024

Adapun, Ganjar mengucurkan Rp 12 miliar dari bankeu Pemprov Jateng untuk perbaikan jalan tersebut. Jalan yang diperbaiki sejauh 2,75 km dan setebal 20 cm dengan rincian lebar 6 meter pada 1,2 km pertama, sementara sisanya selebar 5,5 meter. 

Jalan tersebut merupakan penghubung antardesa dan akses menuju Bandara Ngloram. Saat ini proses pengerjaan baru mencapai sekitar 57 persen. 

Ganjar mengatakan, pembangunan jalan di antara Kabupaten Blora-Kabupaten Bojonegoro tidak hanya bersumber dari bantuan Pemprov Jateng beserta Pemkab Blora saja. Ganjar menyebut ada titik yang disokong Pemkab Bojonegoro. 

Ganjar pun mengapresiasi kerja sama yang dilakukan dua jajaran pemerintah daerah. Meskipun berbeda provinsi, Ganjar menyebut dua kepala daerah yang terlibat mendukung kemajuan kawasan, bukan hanya sekadar wilayah kerjanya masing-masing. 

Baca juga : Heboh, Perempuan Terobos Istana Presiden, Todongkan Senpi Jenis FN

"Ini model kerja sama yang menurut saya bagus karena cara berpikir kepala daerahnya adalah kawasan sehingga masyarakat akan bisa mendapatkan fasilitas itu," kata Ganjar. 

Menurut Ganjar, kerja sama dua daerah ini dapat menyambung ekonomi kerakyatan yang tercipta di akses jalan menuju bandara yang mulai dibangun pada tahun 2018 hingga 2021 tersebut. 

"Maka ketika Bojonegoro membantu, kerja sama ini akan membikin gerakan ekonomi yang di sini akan tumbuh bersama," kata Ganjar. 

Dalam peninjauan tersebut, Ganjar menyebut proyek peningkatan jalan ini berjalan dengan baik. Di samping itu, kata Ganjar, bahan yang digunakan dalam proyek tersebut juga berkualitas. 

Baca juga : Ganjar Pastikan Pemerintah Respons Cepat 

Ganjar berpesan kepada jajaran untuk melaksanakan proyek akses jalan menuju Bandara Ngloram dengan integritas. Ganjar menegaskan ke jajaran untuk tidak korupsi. 

"Pesan saya jamak, ojo (jangan) dikorupsi. Jaga kualitas. Kalau cor beton gini kuat banget," pungkas Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.