Dark/Light Mode

Gubernur Kaltim Apresiasi Tanam Pohon Di Kawasan Hutan Raya Bukit Soeharto

Jumat, 14 Oktober 2022 16:29 WIB
Kennard Maximillian Sentosa, mewakili PT Perkasa Sejahtera Pratama, memberikan sambutan saat kegiatan penanaman bibit pohon di Tahura Bukit Soeharto di Balikpapan, yang dihadiri Forkopimda Provinsi Kalimantan Timur/Ist
Kennard Maximillian Sentosa, mewakili PT Perkasa Sejahtera Pratama, memberikan sambutan saat kegiatan penanaman bibit pohon di Tahura Bukit Soeharto di Balikpapan, yang dihadiri Forkopimda Provinsi Kalimantan Timur/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menyambut baik program penanaman pohon dalam rangka penghijauan di kawasan Taman Hutan Raya Bukit Soeharto Kalimantan. Kegiatan ini dilakukan PT Perkasa Sejahtera Pratama bersama Kodam VI Mulawarman, Kepolisian Daerah Kaltim, Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim serta kaum milineal pencinta lingkungan.

Isran mengatakan, kegiatan penanaman pohon untuk merehabilitasi bekas galian tambang ilegal yang berada di Taman Hutan Raya Bukit Soeharto oleh PT Perkasa Sejahtera Pratama perlu ditiru perusahaan lain yang memiliki usaha pertambangan batubara di Kalimantan Timur. 

Baca juga : Segini Harta Kekayaan Heru Budi Hartono

“Saya memberi apresiasi tinggi, karena program ini diselenggarakan oleh anak-anak muda. Contoh yang baik bagi pelestarian lingkungan hidup," ujar Isran kepada wartawan, Jumat (14/10).

Kennard Maximillian Sentosa dan Kathryne Ashley yang mewakili PT Perkasa Sejahtera Pratama mengatakan, kegiatan penanaman bibit pohon di Tahura Bukit Soeharto, yang merupakan komitmen dari perusahaan untuk memperbaiki dan memulihkan ekosistem yang rusak akibat aktivitas penambangan ilegal di Taman Hutan Raya Bukit Soeharto, merupakan wilayah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca juga : Lestari Harap Pengawasan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Diperkuat

Kegiatan ini diharapkan dapat memulihkan dan meningkatkan kondisi lahan. Agar berfungsi optimal sebagai pengatur tata air dan penyangga sistem kehidupan, serta keanekaragaman hayati di Tahura Bukit Soeharto.

Menurut Kennard, penanaman tahap pertama seluas 5 ha, dengan jumlah yang ditanami sebanyak 5.500 pohon. Ke depannya, akan diperluas dengan menggalang dukungan dari kaum muda cinta lingkungan dan perusahaan-perusahaan lain yang secara khusus berlokasi di Kalimantan Timur, untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan pemulihan bekas-bekas tambang ilegal. 

Baca juga : Heran, Audit BPK Selalu WTP

“Ini sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga alam dan lingkungan hidup yang akan diwariskan kepada generasi akan datang” tukas Kennard, yang didampingi Katshryne Ashley. Kedua orang anak muda ini  tengah menempuh studi di Amerika.

Hadir dalam acara tersebut, antara lain Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Wakapolda Kaltim Brigjen Mujiono, Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Timur Joko Istanto, Kepala BNN Kalimantan Timur Brigjen Edhy Moestopa dan berbagai elemen masyarakat pecinta lingkungan. Acara juga dimeriahkan dengan hiburan oleh artis-artis ternama.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.