Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Koalisi Aktivis Dan Milenial Penumpang Gelap

Pengamat: Relawan Ganjar Nggak Pernah Singgung Kepemimpinan PDIP

Minggu, 30 Oktober 2022 17:12 WIB
Logo PDIP. (Foto: Ist)
Logo PDIP. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik Adi Prayitno menanggapi kemunculan Relawan Koalisi Aktivis dan Milenial Indonesia untuk Ganjar Pranowo (Kami-Ganjar) yang mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Ketua Umum PDIP 2024. 

Adi mengatakan, harus dipastikan dulu apakah itu benar-benar relawan Ganjar atau bukan. Pasalnya, kata Adi, relawan Ganjar yang selama ini sudah deklarasi tidak pernah menyinggung soal kepemimpinan Ketum PDIP. 

"Harus dipastikan apakah ini benar relawan Ganjar atau relawan yang ngaku-ngaku relawan Ganjar karena kalau melihat kecenderungan selama ini, deklarasi relawan yang bermunculan di mana-mana mendukung Ganjar Pranowo itu nyaris tidak pernah menyinggung kepemimpinan ketua umum PDIP," kata Adi, Minggu (30/10). 

Baca juga : Etilen Dan Dietilen Glikol Penyebab Pasien Gagal Ginjal Akut Meninggal

Adi mengatakan, baru kali ini ada relawan Ganjar yang bilang bahwa Jokowi layak menggantikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Menurut Adi, hal itu adalah isu sensitif di internal PDIP karena partai tersebut kental dengan politik Soekarno. 

"Masih ada Bu Puan, Prananda yang dinilai cukup pantas menjadi suksesor ketua umum PDIP di masa yang akan datang. Jadi harus dipastikan ini relawan Ganjar atau bukan, gitu ya," katanya. 

Adi mengatakan, tidak ada yang tahu motif kelompok yang mengaku relawan Ganjar itu mendukung Jokowi menjadi Ketua Umum PDIP. Di samping itu, Adi menyebut suara Kami-Ganjar merupakan aspirasi tidak penting. 

Baca juga : Santri Dan Ulama Menyatu Dengan Relawan Ganjar Pranowo Di Ponpes Islamiyah Cijangkar

"Entah relawan Ganjar apa bukan, kira-kira begitu, pastinya dianggap angin lalu belaka, dianggap tidak signifikan dan tidak penting," kata dia. 

Adi mengatakan, kalau ada pihak yang menseriusi pernyataan Kami-Ganjar, harus diindentifikasi dulu identitas orang yang mengaku relawan tersebut. Namun, Adi menekankan bahwa suara relawan itu tidak penting. 

"Kalau ada yang menseriusi, relawan ini mesti diidentifikasi siapa orangnya, apa motifnya. Tapi yang jelas relawan ini orang luar, bukan orang dalam, outsider. Jadi mungkin dianggap tidak terlampau penting, makanya tidak ada yang menanggapi serius," kata Adi. 

Baca juga : Komunitas Warteg, PKL Dan Pedagang Pasar Kramat Jati Suarakan Ganjar Presiden 2024 

Sebelumnya, Relawan yang mengatasnamakan Kami-Ganjar mendoakan agar Presiden RI Jokowi menjadi Ketua Umum PDIP pada tahun 2024. Koordinator Nasional Kami-Ganjar Joko Priyoski mengatakan, Jokowi layak menduduki kursi ketua umum partai tersebut. 

"Untuk PDI Perjuangan, kita tahu bahwa fatsun partai itu adalah demokrasi, bukan partai kerajaan, maka kami berharap Pak Jokowi mau dan bisa terpilih kelak menjadi Ketua Umum di Kongres PDIP Tahun 2024," kata Joko, Rabu (26/10).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.