Dark/Light Mode

Bereskan Pemain Kedelai, Terigu Dan Migor

Zul Mimpi Sikat Naga

Rabu, 2 November 2022 06:50 WIB
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan. (Foto: Instagram @zul.hasan).
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan. (Foto: Instagram @zul.hasan).

 Sebelumnya 
Keberanian Zulhas yang mau membongkar “naga” sembako didukung DPR. Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade meminta, Zulhas mengungkapkan ke publik siapa oknum pengendali terigu, kedelai, dan migor di Tanah Air.

“Jangan ditutup-tutupi, pak. Ini penting karena tiga bahan pokok tersebut menyangkut hajat hidup 270 juta rakyat Indonesia,” pintanya.

Baca juga : Gerakan Penanaman Kedelai Untuk Kemandirian Pangan

Andre mengatakan, pernyataan Zulhas semakin memperkuat dugaan publik terkait keberadaan kartel di balik meroketnya harga bahan pangan. “Saya mendengar bapak mendapat tugas dari Presiden Jokowi untuk mengendalikan harga bahan pangan. Makanya bapak harus tegas,” pinta legislator Gerindra ini.

Peneliti Indef Sugiyono Madelan memastikan tugas Zulhas tidak mudah. Karena bukan sebatas jumlah pemainnya, melainkan negara maju di belakang perdagangan kedelai dan terigu. Begitu pula dengan kepentingan negara yang mengimpor migor, terutama dana bisnis besar dari pelaku perdagangan tersebut.

Baca juga : Pemain Muda Persija Rayhan Tak Kesulitan Beradaptasi Di Australia

Namun, kata dia, melonjaknya harga sembako tidak sepenuhnya karena ada permainan. Melainkan oleh rendahnya produksi.

“Artinya, para pengusaha tidak fair kalau diperlakukan sebagai bandit-bandit perekonomian. Pemerintah bersama para stakeholder perlu saling bermusyawarah dari hati ke hati, untuk mencari jalan tengah solusi terbaik yang win-win solution,” katanya.

Baca juga : FKG Usakti Lakukan Penyuluhan Kesehatan Gigi di SD Kartika X-7

Warganet ikutan mengomentari pernyataan Zulhas. Akun @Gabut menyarankan agar Zulhas tidak memancing di air yang keruh. “Pak, jangan tendensius dong. Sudah mau pemilu nanti jadi kemana-mana permasalahan ini,” pesannya.

@abimandaru mempertanyakan solusi Zulhas mengatasi lonjakan harga-harga tersebut. “Katanya bisa nurunkan migor, terus kedelai naik minta subsidi. Apa gak ada solusi lain pak,” cuitnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.