Dark/Light Mode

Canda Tawa Hiasi Latma Prajurit TNI AD Dengan US Army

Kamis, 3 November 2022 09:20 WIB
Super Garuda Shield. (Foto: YouTube)
Super Garuda Shield. (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keceriaan tergambar dari raut wajah para prajurit TNI Angkatan Darat dan tentara Amerika Serikat (US Army) dalam mengikuti Academic Day. Kegiatan ini dihelat usai pelaksanaan latihan bersama (latma) Super Garuda Shield (SGS) 2022 di Amborawang, Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Seperti dilihat dari kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, para prajurit dari kedua negara melaksanakan teori kelas dan praktik lapangan. Diwali dengan materi kelas tentang ride. Dilanjutkan dengan praktik lapangan materi ride.

Dalam kegiatan tersebut, para prajurit Academic Day terlihat saling berinteraksi. Mengesankan adanya keakraban di antara prajurit TNI dengan US Army. Tujuannya untuk memahami materi latihan. 

Baca juga : Dudung Minta Prajurit TNI AD Waspadai Radikalisme

"Selama Academic Day berlangsung, kami melakukan kegiatan olahraga bersama. Berbagai jenis olahraga kami mainkan bersama-sama. Tawa dan canda menjadikan latma ini semakin seru," kata Praka Hendriyanto, anggota prajurit TNI AD yang mengikuti Academic Day.

Menurut Hendri, perbedaan bahasa bukan merupakan halangan guna menjalin keakraban. Banyak cara yang dilakukan tentara Indonesia mengajak tentara Amerika untuk beraktifitas selama Academic Day. 

"Pertama kali saya bertemu dengan tentara Amerika saya bingung mau ngomong apa. Bahasa Inggris pun tidak lancar. Makanya saya kalau mau ngobrol dengan mereka ya dengan bahasa tubuh atau gestur tubuh. Misalkan ngajak lari saya praktikan lari. Main bola saya gerakan kaki saya. Saya renang saya gerakan tangan saya," tambahnya. 

Baca juga : Kemenkes Bantah Edarkan Daftar 15 Obat Sirup Dengan Senyawa Berbahaya

Untungnya, tentara Amerika memahami kelebihan dan kekurangan yang ada di diri tentara Indonesia. "Syukurlah mereka mengerti dengan kekurangan kita. Kini mereka telah menjadi sahabat terimakasih SGS," tutup dia.

Sekadar informasi, latihan militer gabungan tahunan Super Garuda Shield telah dimulai sejak 1-14 Agustus 2022. Latihan ini berlangsung di beberapa lokasi di Indonesia.

Antara lain di Puslatpur Baturaja, Perairan Dabo Singkep, Kepulauan Riau, Daerah Latihan Kodam VI/Mulawarman, Amborawang, Kalimantan Timur, dan Bandara Sultan Mahmud Baharuddin, Palembang, dan Sumatera Selatan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.