Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Masuk Bursa Capres, Ini Biografi LaNyalla

Kamis, 3 November 2022 11:23 WIB
Deklarasi dukungan untuk LaNyalla Mattalitti untuk nyapres dari masyarakat Bali. (Foto: Istimewa)
Deklarasi dukungan untuk LaNyalla Mattalitti untuk nyapres dari masyarakat Bali. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - LaNyalla Mahmud Mattalitti menjadi salah satu tokoh yang masuk bursa untuk maju di Pilpres 2024. Sosok Ketua DPD ini mendapat dukungan dari banyak kalangan untuk nyapres. Seperti dari kalangan petani, nelayan, kaum milenial, ibu rumah tangga, pelaku UMKM, buruh, tenaga pendidik, dan masyarakat umum.

Deklarasi dukungan terhadap dirinya juga sudah muncul di berbagai daerah. Seperti di Bogor, Solo, Samarinda, Padang, Palembang, Bali, Surabaya, dan kabupaten/kota di Jawa Timur.

Baca juga : Prabowo Janji Adil

Lalu, bagaimana sosok LaNyalla Mattalitti sebenarnya? LaNyalla merupakan Ketua DPD, ia terpilih menjadi senator dengan perolehan 2.267.058 suara pada Pemilu 2019 dari Jawa Timur.

LaNyalla lahir di Jakarta, 10 Mei 1959. Dia besar dari keluarga akademisi dan pengusaha. Ayahnya Mahmud Mattalitti merupakan dosen yang pernah dipercaya sebagai Pembantu Dekan Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

Baca juga : Ratusan Pemuda Gresik Deklarasikan LaNyalla Presiden 2024

LaNyalla mulai menapaki jenjang pendidikan dengan bersekolah di SD Bhinneka Bhakti Surabaya, kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 1 Surabaya, SMA Negeri 3 Surabaya. Lalu mengambil kuliah Teknik Sipil di Universitas Brawijaya dan mendapat gelar Magister Sains Hukum dan Pembangunan di Universitas Airlangga. Selain itu, ia juga pernah mengenyam pendidikan pondok pesantren di Bekasi dan mondok di Kompleks Makam Sunan Giri Gresik.

Selain sebagai seorang politisi, LaNyalla juga dikenal sebagai pengusaha dan organisatoris. Ia aktif di berbagai organisasi seperti Kamar dagang dan Industri (Kadin), Pemuda Pancasila, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Gerakan Mahasiswa Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (GM Kosgoro), Gabungan Pengusaha Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeknas), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Baca juga : Cawapres Anies Belum Deal Juga

LaNyalla pernah menjadi Ketua HIPMI Jawa Timur, dan Ketua Kadin Jawa Timur dan Ketua Umum PSSI. Selain itu, ia juga aktif di Pemuda Pancasila hingga saat ini sebagai Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur. LaNyalla meniti jenjang kariernya dari daerah hingga ke pusat. 

LaNyalla  memiliki garis keturunan Bugis Makassar. Kakek LaNyalla, Haji Mattalitti, merupakan saudagar Bugis Makassar. Ayahnya, Mahmud Mattalitti, dan ibunya, Fauziah, berasal dari Bugis, Sulawesi Selatan. Orang tua LaNyalla menikah di Makassar pada 1953.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.