Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Moncer Jaga Perekonomian Pengusaha

Airlangga Berpeluang Teruskan Kepemimpinan Jokowi Di 2024

Sabtu, 5 November 2022 10:07 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga riset Citra Nasional Network (CNN) melakukan jajak pendapat terkait perhatian pemilih dari kalangan pengusaha terhadap konstestasi Pemilihan Presiden 2024.

Sasaran yang dituju CNN dalam survei kali menyasar pada pengusaha UMKM maupun pengusaha besar. Keduanya ditanyakan mengenai peran penting negara terhadap keberlangsungan usaha.

Menurut Koordinator survei CNN, Muhammad Dandy, bisnis dan politik merupakan dua kegiatan yang saling berkaitan. Bisnis dapat menunjang politik, demikian juga sebaliknya. Aktivitas bisnis dapat dimudahkan karena adanya kegiatan politik pada tingkatan negara.

Sebaliknya, politik dapat dipermudah karena adanya kegiatan bisnis maju mundur pelaku UMKM dan pelaku usaha berskala besar.

"Jadi sangat dipengaruhi oleh keputusan dan kebijakan politik pemerintahan yang dihasilkan lewat Pemilu. tentu saja dengan besarnya jumlah pelaku UMKM dan pengusaha besar, tentu sangat memiliki pengaruh yang kuat untuk menentukan pemerintahan yang akan terbentuk dari Pemilu 2024," kata Dandy, dalam keterangannya yang diterima wartawan, Jumat (5/11).

Baca juga : Bantu Stabilkan Perekonomian, Sahabat Sandi Borong Puluhan Warung Nasi Di Tangerang

Selain itu, diterangkannya, pengusaha merupakan sektor yang paling banyak merasakan dampak dari kebijakan-kebijakan yang diambil oleh Pemerintah yang dihasilkan oleh Pemilu.

Artinya, pelaku usaha memiliki preferensi yang sangat tepat dan akurat dalam menentukan sosok presiden.

"Sosok pemimpin seperti apa yang dibutuhkan oleh pelaku usaha dan tokoh mana yang di inginkan pelaku usaha untuk menjadi presiden. Parpol mana yang dipilih dari hasil Pemilu 2024 nanti. Karena itu, kami tertarik untuk meneliti arah pilihan pelaku usaha dalam Pemilu 2024," ucapnya.

Untuk sekarang, berdasarkan survei CNN, Pemerintah dianggap mampu merespon dampak pandemi Covid-19. Di mana Pemerintah secara persisten telah mengakselerasi upaya pemulihan ekonomi nasional, melalui beragam kebijakan extraordinary, serta kolaborasi dengan berbagai pihak.

"Keberhasilan upaya penanganan tersebut telah mulai tampak pada berbagai sektor yang ditandai dengan terkendalinya kasus pandemi serta makin pulihnya perekonomian nasional sehingga membawa dampak bangkitnya usaha para pelaku usaha," ungkap dia.

Baca juga : LSP: 55,5 Persen Masyarakat Masih Sangat Puas Terhadap Pemerintah Jokowi-Ma'ruf

Karena hal ini, pilihan pelaku usaha mengerucut kepada sosok yang mereka nilai mampu menjaga keberlangsungan perekonomian bangsa. 

Sebanyak 46,2 persen responden atau mayoritas masyarakat Indonesia menginginkan sosok presiden yang mengerti, dan mampu menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi pelaku usaha.

Sosok presiden idaman berikutnya yang diinginkan pelaku usaha Indonesia adalah presiden yang memiliki pengalaman dalam menangani perekonomian nasional dan sudah teruji.

Hal itu diungkapkan 40,6 persen pelaku usaha. Hanya 14,2 persen yang menginginkan sosok presiden yang merakyat dan populer.

"Nama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto paling banyak dipilih responden dari kalangan pengusaha sebanyak 31,2 persen," jelas Dandy.

Baca juga : KPK Cegah Kepala BPN Riau Dan Pengusaha Frank Wijaya Bepergian Ke Luar Negeri

Hal ini menunjukkan bahwa pelaku usaha di Indonesia memang sangat terasa dengan kebijakan kebijakan yang diterapkan Airlangga dalam memulihkan ekonomi pelaku usaha.

"Setelah Airlangga ada Prabowo Subianto 21,1 persen, Andika Perkasa 10,2 persen, Ganjar Pranowo 8,2 persen, dan Anies Baswedan 5,1 persen," beber dia.

Sekadar informasi, metodelogi riset ini mengunakan metode survei jajak pendapat dan dimulai sejak 14-27 Oktober 2022. Terpilih 2.200 responden di 34 provinsi sebagai sample penelitian yang berlatar belakang pelaku usaha, dari populasi pelaku usaha yang ada. Penarikan sample mengunakan metode multistage random sampling. Juga dipastikan pelaku usaha sudah memiliki hak pilih pada Pemilu 2024. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.