Dark/Light Mode

Golkar Yakin Panglima TNI Baru Pilihan Jokowi Pasti Yang Terbaik

Senin, 14 November 2022 16:57 WIB
Markas Besar TNI Angkatan Darat
Markas Besar TNI Angkatan Darat

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo segera menentukan calon Panglima TNI pengganti Jenderal TNI, Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pada Desember 2022. 

Jokowi mengaku, sudah mengantongi siapa nama calon pengganti Andika. Selain Andika, terdapat tiga kepala staf pada tiga matra TNI yang berpeluang untuk menjadi Panglima TNI, yakni KSAL Laksamana Yudo Margono, KSAD Jenderal, Dudung Abdurachman dan KSAU Marsekal, Fadjar Prasetyo. 

Menanggapi itu, Anggota Komisi I DPR, Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan, ketiga calon yang beredar sekarang ini memilik peluang yang sama. 

Baca juga : Biotek Farmasi Indonesia Buktikan Efikasi Obat Terbaik Dunia

Politisi Partai Golkar ini menegaskan, bahwa tidak ada perbedaan di antara tiga matra tersebut. Siapapun yang bakal dipilih Presiden Jokowi menggantikan Jenderal Andika merupakan sosok yang terbaik.

"Jadi siapapun pilihan Presiden, kami yakin pasti yang terbaik," ujar Bobby, Senin (14/11).

Sementara itu, eks Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI Soleman Ponto mendukung, KSAL Laksamana Yudo Margono menggantikan Jenderan Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Baca juga : Cak Imin Dukung Jokowi: Antar Partai Tak Saling Menjatuhkan

"Pak Jokowi berbicara poros maritim, maka pasti untuk pengamanan, ya angkatan laut, mau tidak mau, suka tidak suka," kata Soleman.

"Sehingga kalau angkatan laut tidak muncul tentu pertanyaan keseriusan beliau dalam poros maritim seberapa besar," ujar Soleman.

Menurut UU TNI tersebut, Panglima TNI diangkat dan diberhentikan oleh Presiden setelah mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Presiden mengusulkan calon panglima untuk mendapat persetujuan dari DPR. Jika DPR tidak menyetujui calon panglima, Presiden mengusulkan calon pengganti.

Baca juga : Kapolri Dan Panglima TNI Ingin KTT G20 Sukses

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, segera memilih Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. Sebab, Andika akan memasuki masa pensiun pada Desember 2022.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.