Dark/Light Mode

Bahaso Hadirkan MetaHuman Avatar Menkominfo dalam Opening DTE-G20

Senin, 14 November 2022 21:28 WIB
MetaHuman Avatar tampil saat Menkominfo Johnny G Plate membuka Digital Transformation Expo (DTE) dalam rangka G20 di Bali, Minggu (13/11). (Foto: Bahaso)
MetaHuman Avatar tampil saat Menkominfo Johnny G Plate membuka Digital Transformation Expo (DTE) dalam rangka G20 di Bali, Minggu (13/11). (Foto: Bahaso)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembukaan Digital Transformation Expo (DTE) dalam rangka G20 di Bali, Minggu (13/11) menarik perhatian banyak orang dengan tampilnya metaverse berupa MetaHuman Avatar Menkominfo Johnny G Plate di latar. MetaHuman Avatar itu tampil saat Menkominfo menyampaikan sambutan dan menandai pembukaan resmi DTE.

MetaHuman ini memandu Menkominfo saat menjelaskan antara lain DTE yang diprakarsai Presidensi G20 Indonesia merupakan kesempatan emas bagi Indonesia untuk berbagi cerita kepada dunia tentang berbagai potensi bangsa dan percepatan kemajuan digital di berbagai sektor, dan juga akan menjadi rangkaian kegiatan terakhir Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group (DEWG).

Baca juga : Pengamat Ingatkan Menkeu Fokus Pemulihan Ekonomi Dalam Negeri

MetaHuman ini dikerjakan anak bangsa yang tergabung dalam Bahaso, startup education technology (edtech) Indonesia, yang lahir sejak 2015. Saat ini, Bahaso sedang bersiap berinovasi ke Web3. MetaHuman ini menjadi menarik karena biasanya masih dikerjasamakan di luar negeri, tapi oleh Bahaso kini dikerjakan 100 persen di dalam negeri oleh anak bangsa.

CEO PT Bahaso Intermedia Cakrawala Allana Abdullah membenarkan MetaHuman ini merupakan buatan Bahaso yang selama ini banyak bekerja sama dengan Kemenkominfo. “Terima kasih kalau Avatar ini mendapat atensi dari para undangan. Kita memang diundang untuk ikut kegiatan DTE-G20, dan sekaligus membuktikan kita memiliki keahlian Metaverse. Terima kasih kepada Kemenkominfo yang selama ini mendukung karya anak-anak bangsa,” ucap Allana, dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (14/11).

Baca juga : ASYA Hadirkan Inovasi Hunian Premium Berkonsep Eco Living

Allana menerangkan, Bahaso ke depan bukan hanya akan bergerak dalam learning bahasa, tapi juga sebagai professional training center dengan menggunakan teknologi terkini seperti Metaverse, Blockchain, dan Artificial Intelligence yang dinamakan Bahaso Metaworld, agar lebih menarik dan lebih atraktif. “Bahaso sedang bergerak ke Web3 dan menjadi bagian dalam evolusi internet, dan membuat ekosistem digital yang lebih personal, lebih menarik,” ungkapnya.

Pembukaan DTE-G20 dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid serta mitra kerja Kementerian Kominfo. Event ini berlangsung pada 13 hingga 17 November 2022, di Pecatu Hall, BNDCC, Nusa Dua, Bali. Di DTE-G20, pengunjung dapat menyaksikan enam area yang mewakili gambaran isu transformasi digital sebagai isu prioritas Presidensi G20 Indonesia.

Baca juga : Muhammadiyah Resmikan Sumber Air Bersih Di Daerah Kering Di NTT

Digital Transformation Expo dibangun dinding kolaborasi ditampilkan di akhir pameran. Ini mengakui kontribusi berharga dari anggota G20, 39 kementerian dan lembaga Indonesia, serta 42 perwakilan industri, sekaligus melambangkan semangat transformasi digital dalam harmoni.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.