Dark/Light Mode

Hasil Perjuangan Tokoh Kaltim, Hanura: IKN Wajib Didukung

Rabu, 16 November 2022 15:05 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Hati Nurani Rakyat (DPC Hanura) Kabupaten Kutai Kartanegara, Abdul Wahab Arief. (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Hati Nurani Rakyat (DPC Hanura) Kabupaten Kutai Kartanegara, Abdul Wahab Arief. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Hati Nurani Rakyat (DPC Hanura) Kabupaten Kutai Kartanegara, Abdul Wahab Arief menyampaikan, bahwa Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang saat ini tengah dikerjakan oleh pemerintah pusat merupakan buah dari perjuangan para tokoh di tanah Borneo itu.

"Keberadaan IKN Nusantara merupakan wujud nyata perjuangan tokoh-tokoh Kaltim," kata Abdul Wahab dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (16/11).

Sebab kata dia, di dalam sejarah perjalanan masyarakat Provinsi Kalimantan Timur, pernah menuntut keadilan bagi hasil pendapatan kepada pemerintah pusat di Jakarta, mengingat Kaltim sebagai daerah penghasil devisa nasional dari sektor Migas yang bisa menjadi salah satu penyangga pendapatan negara.

Baca juga : Gelar Festival Pangan Lokal 2022, Pupuk Kaltim Tingkatkan Produksi Petani

Dia pun berharap para pemuda di Kaltim khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) untuk bisa membaca seluruh peluang yang ada demi mengembangkan diri, baik keterampilan dan kemampuan yang ada untuk bisa bersama-sama mengisi dan bersinergi dengan IKN.

"Diharapkan pemuda Kukar sudah bersiap diri dari sekarang dengan cara membaca peluang-peluang bisnis dari pembangunan IKN yang masih berproses, jangan sampai pemuda Kukar menjadi penonton di kampungnya," ujarnya.

Menurut Abdul Wahab, banyak sekali peluang yang bisa diambil di tengah keberadaan IKN, termasuk meningkatkan sektor ekonomi masyarakat sekitar.

Baca juga : Pemain Muda Persija Rayhan Tak Kesulitan Beradaptasi Di Australia

"Karena (IKN) akan memberikan dampak multi-efek positif yang cukup besar dan signifikan, khususnya dari sisi perekonomian, mengingat progres pembangunannya akan semakin meningkat tajam," tuturnya.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa pembangunan IKN sudah mulai berjalan, salah satunya dengan pengerjaan proyek infrastruktur IKN di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Kemudian, pembangunannya juga langsung dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Kukar, salah satunya adalah akses jalan di KM 48 Kecamatan Samboja, Kabupaten Kukar yang tembus langung ke pusat IKN di Kecamatan Sepaku.

Baca juga : Heru Tinjau Progres Pembangunan Tanggul Kali Semanan

Saat ini saja, sudah terlihat mulai bagus jalannya. Bisa dikatakan, akses Jalan di Kecamatan Samboja ke Sepaku baru dampak awal saja sudah bisa dirasakan manfaatnya bagi sebagian masyarakat.

"Apalagi kalau nanti pembangunannya sudah betul-betul jadi dan IKN pindah ke Kaltim, maka dalam jangka panjang dampak positif di bidang Eksosbudpol akan semakin terasa bagi masyarakat Kaltim," paparnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.