Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Festival Pangan Lokal 2022, Pupuk Kaltim Tingkatkan Produksi Petani

Minggu, 13 November 2022 10:56 WIB
Foto: Dok. Pupuk Kaltim
Foto: Dok. Pupuk Kaltim

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggelar Festival Pangan Lokal 2022, bertema Tanah Sejengkal Panen Maksimal sebagai rangkaian HUT (Hari Ulang Tahun) Ke-45, yang berlangsung di Pamedan Pura Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah.

Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman mengatakan, acara yang berlangsung pada 12–13 November 2022 ini bertujuan untuk mengenalkan berbagai keunikan dan budaya panganan lokal, beserta bahan baku dan tanaman yang mendukung.

Selain itu menjalin kolaborasi generasi muda dalam berkompetisi dan edukasi tentang pangan. Termasuk, mengangkat kesenian kerakyatan sebagai unsur utama pembentuk budaya pangan nusantara.

Baca juga : Gus Jazil Ingatkan Pentingnya Panduan Etika Dalam Bernegara  

Pihaknya ikut andil dalam acara ini juga untuk mendekatkan diri dengan petani dan masyarakat yang ada di eks Karesidenan Surakarta.

“Kami mengucapkan terima kasih sekali kepada Pura Mangkunegaran yang sudah mengizinkan kegiatan ini," ujarnya dalam keterangan, Minggu (13/11).

Tak hanya itu, pihaknya terus berkomitmen membantu meningkatkan produksi pangan di Indonesia. "Sehingga dapat terbebas dari krisis pangan yang diprediksi terjadi di masa mendatang," tutur Qomaruzzaman. 

Baca juga : Gus Jazil Ajak Tingkatkan Pemahaman Konstitusi Generasi Muda

Di kesempatan yang sama, Project Director Festival Pangan Lokal 2022, Wahyu Wulandari menjelaskan, beragam makanan olahan lokal, bahan baku hingga tanaman yang akan ditampilkan dalam festival ini.

Wahyu menambahkan, nantinya ada sebanyak 20 booth disediakan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Solo dan sekitarnya.

“Festival Pangan Lokal diselenggarakan sebagai bentuk dukungan atas seruan Presiden Joko Widodo, agar masyarakat bersiap mengantisipasi potensi ancaman krisis ekonomi global yang bisa berdampak pada seluruh penghuni planet bumi, tak terkecuali Indonesia,” ujar Wahyu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.