Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dari Sudut Pandang Manapun, Pertemuan Anies-Gibran Sangat Baik

Jumat, 18 November 2022 09:05 WIB
Pertemuan Anies Baswedan dan Gibran Rakabuming (Foto: dok. IG Anies Baswedan).
Pertemuan Anies Baswedan dan Gibran Rakabuming (Foto: dok. IG Anies Baswedan).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertemuan nantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di Hotel Novotel Solo, Selasa (15/11) mengejutkan banyak pihak. Spekulasi atas pertemuan hangat tersebut masih saja menyeruak.

Politikhariini mengunggah meme pertemuan itu. Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diperlihatkan sedang tertawa lebar. Sedangkan foto Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka disertai lambang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Di dalamnya ada pernyataan ketemu Anies, Gibran siap dihukum PDIP. Juga ada pernyataan Gibran yang siap dihu­kum PDIP.

“Saya siap jika ada teguran, hukuman. Tapi tujuan saya silaturahmi. Nggak ada negosiasi atau apa. Saya belajar dari beliau yang sudah berpengalaman,” ujar Gibran.

Baca juga : Petemuan Anies-Gibran Bawa Pesan Keakraban

Gibran melanjutkan, pertemuan dengan Anies membahas soal transportasi umum dan kota. Sedangkan PDIP menyebut ada upaya pecah belah di balik pertemuan Gibran dengan Anies.

“Pertemuan antara Gibran dan Anies jadi sorotan,” kata Politikhariini.

Akun @moch_syachroni menilai per­temuan antara Gibran dan Anies sebuah pembelajaran yang baik bagi demokrasi. Di mana beda pikiran dan arah poli­tik, tapi tetap saling menghormati dan menghargai.

“Ora usah ribut,” saran dia.

Baca juga : Buka Akses Pasar Mangga, Mentan Temui Delegasi Bisnis Jepang

Senada, @datuakrajoangek menilai pertemuan Anies dan Gibran dari sudut mana pun tetap bagus sekali. Hanya saja, kata dia, bagi mereka yang tidak rela keduanya bertemu, sibuk bikin alibi dan excuse terhadap pertemuan itu.

“Hati itu kalau sudah beku memang sulit untuk dicairkan kembali,” ujar @datuakrajoangek. “Kalau hati sudah memihak, jangan harap pikiran menjadi bijak,” sambung @sapta_prayoga.

Akun @Dragon699 menganggap wajar pertemuan Anies dan Gibran di Solo. Dia bilang, namanya tamu dari jauh sudah biasa disambut dengan baik sebagai tuan rumah. “Jadi memanusiakan manusia,” kata @Dragon699. “Anies dan Gibran bertemu saling puji. Cuma BuzzerRp aja yang saling nyinyir,” kata @Kopilte682.

Akun @FX_Isa mengatakan, Gibran pasti sudah mendapat persetujuan dari Jokowi. Karena, kata dia, tidak mungkin Gibran ketemu Anies tidak lapor Jokowi terlebih dahulu.

Baca juga : Hari Prematur Sedunia, Danone Ajak Orang Tua Perhatikan Gizi Anak

“Realitasnya Anies bertemu Gibran di Solo. Soal tafsir, bisa banyak tergantung pihak mana yang menafsirkannya,” kata @xing_dede.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.