Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Anies Ungguli Ganjar Dan Prabowo

PKS Dan NasDem Hepi

Sabtu, 19 November 2022 07:40 WIB
Direktur Eksekutif Voxpol, Pangi Syarwi Chaniago saat merilis hasil survei di Hotel Alia, Cikini, Jakarta, Jumat (18/11/2022). (Foto: Antara)
Direktur Eksekutif Voxpol, Pangi Syarwi Chaniago saat merilis hasil survei di Hotel Alia, Cikini, Jakarta, Jumat (18/11/2022). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto konsisten berada di tiga teratas bursa calon presiden 2014. Namun, dalam hasil survei terkini Lembaga survei Voxpol Center Research and Consulting Anieslah juaranya.

Direktur Eksekutif Voxpol, Pangi Syarwi Chaniago me­rincikan, Anies menempati urutan top of mind capres dengan tingkat elektabilitas 23,6 persen. Disusul oleh Ganjar sebesar 22 persen dan Prabowo sebesar 18,6 persen.

Dijelaskan, pemilih Anies mayoritas berada di wilayah Sumatera, DKI-Banten, Jawa Barat, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku-Papua. Sedangkan, pemilih Ganjar mayoritas di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, serta Bali-NTT-NTB. Lumbung suara Prabowo, mayoritas ada di wilayah Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali-NTB-NTT, Sulawesi, dan Maluku-Papua.

Baca juga : Projo Bisa Berubah Jadi Probo

“Jika dilihat dari elektabilitas secara personal, peluang Anies lebih besar dibandingkan Ganjar dan Prabowo, begitu juga Ganjar lebih ber­peluang dibandingkan dengan Prabowo,” ujar Pangi, saat merilis hasil survei di Hotel Alia, Cikini, Jakarta, kemarin.

Meski demikian, masih ter­lalu dini jika Capres yang di­usung Partai NasDem itu bakal menang di Pilpres 2024. Survei membuktikan, selisih jarak ele­ktabilitas para kandidat masih sangat tipis, kompetitif dan dinamis ke depannya.

Pada survei kali ini ada temuan, pengaruh Presiden Jokowi kepada jagoan di Pilpres 2024 terbilang rendah. Faktanya, hanya ada 25 persen masyarakat yang terbukti terpengaruh pilihan Jokowi. Artinya, masyarakat sudah memi­liki pilihan sendiri, tanpa harus di-endorse Jokowi.

Baca juga : Pilpres 2024 Disebut Jatahnya Prabowo Picu Spekulasi

Survei membuktikan, 65,7 persen masyarakat mengaku tidak terpengaruh dengan du­kungan Jokowi pada tokoh capres tertentu. Sisanya, se­banyak 9,3 persen memilih ti­dak tahu atau tidak menjawab.

Untuk diketahui, Survei Voxpol dilakukan 22 Oktober hingga 7 November 2022. Survei dilakukan ke 1.220 responden menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,81 persen.

Juru bicara Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) M Kholid yang menghadiri rilis survei tersebut girang. Dia yakin, ketokohan Anies yang menjadi jagoan bersama Partai Demokrat dan Partai NasDem dalam Koalisi Perubahan itu sudah dominan. “PKS dan Anies sudah kuat, kitaakan kuat,” ujar Kholid, kemarin.

Baca juga : Ganjar Dukung Putra Jokowi

Menariknya, kata Kholid, Anies juga dianggap sebagai salah satu calon yang diang­gap bisa melanjutkan program baik Presiden Jokowi. Artinya, pemilih tidak melihat secara hitam dan putih antara pendukung Pemerintah dan kelompok oposisi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.