Dark/Light Mode

Dukung Ekonomi Kerakyatan, ILUNI UI SKSG Gelar Seminar Internasional

Minggu, 20 November 2022 13:28 WIB
Foto: Dok. ILUNI UI
Foto: Dok. ILUNI UI

 Sebelumnya 
Sementara itu, Adipati Rahmat Gumelar menegaskan bahwa peran strategis Indonesia sebagai penggerak ekonomi kerakyatan dunia dalam KTT G20 salah satunya yaitu dengan menjadikan para pelaku UMKM (PKL) bisa naik kelas.

“Disini kita ambil riset PKL yang ada di Provinsi DKI Jakarta. Kota yang ideal adalah kota yang berkelanjutan, dan di daerah provinsi Jakarta secara umum yang paling banyak pelaku usahanya adalah PKL.

Pemateri lain Marlon Kansil mengatakan bahwa perekonomian ke depan semakin memperkuat praktik ekonomi-digital yang mengakomodasi ekonomi kreatif yang ditentukan oleh kreativitas dan inovasi.

Baca juga : Tanggapi Hasil KTT G20, Prodi HI Unas Gelar Seminar Nasional

Saat ini kami memiliki terobosan inovasi baru yaitu Metaverse dan WIR ini bisa menjadi teknologi dalam promosi produk-produk lokal bahkan wisata Indonesia.

Metaverse/ WIR ini juga sudah bekerjasama dengan alfamind, dimana nanti masyarkat bisa belanja via online lewat toko virtual.

"Kolaborasi teknologi dengan ekonomi kerakyatan bisa meningkatkan perekonomian karena menembus jangkauan market yang lebih luas," ujar Marlon.

Baca juga : Kurangi Emisi, Pertamina International Shipping Atur Kecepatan Kapal

Penyaji makalah lainnya Merdy Ervina Rumintjap akan memaksimalkan potensi yang ada di Minahasa. Strategi kawasan ekonomi khusus (KEK) dan DSP Likupang Minahasa Utara mengembangakan ekonomi pariwisata.

Kabupaten Minahasa ini kaya akan alam laut dan marine life nya yang memiliki keindahan. Ini merupakan potensi yang bisa menjadi spot bagi para turis dari dalam maupun luar negeri ini bisa berwisata ke Minahasa.

"Ini merupakan upaya dukungan untuk membangun jejaring ekonomi yang menguatkan ekosistem lokal melalui pariwisata," ujar Marlon. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.