Dark/Light Mode

Menhan Prabowo Pastikan Negosiasi Pembelian F-15 EX Dari AS Masih Berlanjut

Senin, 21 November 2022 19:27 WIB
Menhan RI Prabowo Subianto bersama Menhan Amerika Serikat LIoyd J Austin III saat jumpa pers di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (21/11). (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)
Menhan RI Prabowo Subianto bersama Menhan Amerika Serikat LIoyd J Austin III saat jumpa pers di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (21/11). (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memastikan negosiasi pembelian jet tempur generasi 4,5 dari Amerika Serikat F-15 EX masih terus berlanjut.

Hal itu ditegaskannya usai menggelar pertemuan dengan Menhan Amerika Serikat (AS) LIoyd J Austin III di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (21/11).

"Negosiasinya masih berlanjut. Dan saya pikir sekarang tergantung pada keputusan akhir pemerintah," kata Prabowo.

Baca juga : Erick Pastikan, Persiapan Venue Pernikahan Kaesang-Erina Sudah Matang

Dia membeberkan, saat ini prioritas utama pemerintah adalah mengendalikan pandemi Covid-19. Serta bersiap menghadapi dampak kondisi ketahanan pangan di Indonesia.

"Prioritas ini juga akibat inflasi yang disebabkan kenaikan harga energi di seluruh dunia. Termasuk dampak dari adanya perang Ukraina," ucapnya.

Menurut dia, dampak dari persoalan itu adalah permasalahan yang sangat nyata. Apalagi, hampir lembaga internasional mulai dari bank dunia, IMF, ADB (Asian Development Bank), telah mengeluarkan peringatan bahwa situasi iklim tahun depan dapat memengaruhi produksi pangan Indonesia.

Baca juga : Menteri Basuki Bocorkan Strategi Pembangunan Mitigasi Banjir IKN

"Dampak dari persoalan inilah yang akan menjadi faktor pertimbangan dalam keputusan akhir Pemerintah Indonesia. Tapi, sebagai menteri pertahanan, kami telah menghitung, dan merancang program bersama dengan mitra Amerika Serikat di bidang industri yang kami percaya,” ungkapnya.

Di tempat sama, Menhan AS Lloyd J Austin III memastikan pihaknya akan memberi dukungan penuh Pemerintah Indonesia dalam upaya memodernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista).

"Kami akan terus membantu dengan cara apa pun yang kami bisa," janji Austin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.