Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenkes Berangkatkan Relawan Kesehatan Bantu Korban Gempa Cianjur

Rabu, 23 November 2022 16:31 WIB
Relawan kesehatan terjun ke lokasi bantu korban gempa Cianjur Jawa Barat.
Relawan kesehatan terjun ke lokasi bantu korban gempa Cianjur Jawa Barat.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kerahkan berbagai relawan kesehatan untuk bantu korban gempa Cianjur Jawa Barat. Sudah ada sekitar 50 organisasi bidang kesehatan yang akan terjun membantu penanganan korban gempa di Cianjur.

Pada pelaksanaannya,  Kemenkes bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat membentuk klaster kesehatan atau health emergency operation center di posko kesehatan.

Selanjutnya, dilakukan pengelompokkan di antaranya logistik, mobilisasi tenaga kesehatan, kesehatan lingkungan, KIA, dan gizi.

Baca juga : PT KAI Kerahkan Rail Clinic Bantu Korban Gempa Cianjur

Terkait mobilisasi tenaga kesehatan, Plt Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes, Sumarjaya mengatakan, setiap relawan tidak bisa langsung ke titik pengungsian korban terdampak. Melainkan harus koordinasi terlebih dahulu dengan Kemenkes di Posko Kesehatan.

“Setiap relawan harus check in di posko klaster kesehatan, baru kita akan menentukan mereka kemana tujuan mobilisasinya,” ujar Sumarjaya dikutip kemenkes.go.id, Rabu (23/11).

Dengan demikian semua daerah-daerah terdampak yang terisolir yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Selain itu, semua relawan kesehatan baik dokter, tenaga kesehatan lingkungan, gizi dan sebagainya bisa terdata dan ditempat di wilayah yang benar-benar membutuhkan tenaga kesehatan.

Baca juga : SKK Migas Galang Bantuan Untuk Bantu Korban Gempa Cianjur

“Untuk dokter spesialis akan dimobilisasi ke rumah sakit–rumah sakit, seperti RSUD Sayang, Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit Cimacan, dan RS Dr. Hafiz,” ucap Sumarjaya.

“Kita yang menentukan supaya kita tahu daerah-daerah yang disentuh segera oleh pelayanan kesehatan untuk meningkatkan peran kesehatan,” tambahnya.

Setiap relawan yang bertugas akan dibekali form pendataan terkait dengan kondisi pasien, penyakit potensial terjadi saat bencana dan kondisi fasilitas kesehatan.

Baca juga : Presiden Lantik Utusan Khusus Pengetasan Kemiskinan Dan Ketahanan Pangan

Pendataan tersebut, diperlukan mengingat banyaknya wilayah yang terisolir akibat dari tanah longsor dan ini butuh pendataan serius. Form pendataan tersebut selanjutnya dilaporkan ke posko kesehatan pada saat check out.

“Dengan adanya tenaga relawan kita harapkan mereka mencari sekaligus mengisi form data kondisi pasien terdampak gempa di titik pengungsian. Sehingga semua pasien bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang merata,” tutur Sumarjaya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.