Dewan Pers

Dark/Light Mode

Relawan Balad Erick Thohir Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur

Kamis, 24 November 2022 22:52 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Atas dasar kemanusiaan, Relawan Balad Erick Thohir turut menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat.

Bantuan yang disalurkan berupa obat-obatan, mie, popok bayi, air mineral ke beberapa titik posko bencana di Desa Mekarsari dan Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Cianjur, Jawa Barat.

Ai Habibah, Relawan Balad Erick Thohir Cianjur mengatakan pasca gempa kelompok relawan langsung bergerak cepat mendata warga yang terdampak.

Dikarenakan banyak bangunan yang rusak sedang dan berat termasuk rumah, asrama santri, dan bangunan pemerintahan warga terpaksa membangun tenda darurat.

Berita Terkait : Pertamina Salurkan Bantuan Hingga Rp 948 Juta Untuk Pulihkan Cianjur

Kebutuhan tenda darurat menjadi krusial, beruntung Relawan Balad Erick Thohir dari berbagai daerah di Jawa Barat langsung merespon dengan mengirim bantuan berupa tenda, kebutuhan pokok, perlengkapan bayi, dan pakaian.

"Malam pertama pasca gempa terpaksa kami termasuk anak-anak balita tidur di luar tanpa atap tanpa tenda karena sudah minta bantuan ke mana-mana sudah habis, beruntung respon cepat dari Balad Erick langsung mengirimkan bantuan yang sangat dibutuhkan warga, seperti tenda, terpal, sembako dan obat-obatan" ungkap Ai.

Putra Jabar koordinator Balad Erick Thohir di Cianjur mengatakan bantuan sulit di akses warga karena rusaknya medan ke titik-titik posko.

Perjalanan ke lokasi gempa mencapai 10 kilometer dengan berjalan kaki untuk posko pertama. Lokasi pertama penyaluran logistik berupa popok bayi, air mineral, mie instan, beras, obat-obatan dan terpal di dua titik lokasi gempa, Kampung Caringin, Desa Mekar Sari.

Berita Terkait : PPP Kirim Tim Tanggap Bencana Hingga Bantuan Penanganan Korban Gempa Cianjur

Bantuan disalurkan juga ke Desa Gasol, dan Desa Sarampad. Kedua desa ini berada di Kec.Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Putra menambahkan, dukungan dan bantuan logistik dari jejaring Balad Erick juga akan disampaikan ke Desa Nagrag dan Desa Sukawarna yang sampai saat ini masih belum terjamah bantuan karena akses yang tidak bisa dilalui kendaraan.

Peristiwa gempa di Cianjur 21 November 2022 lalu telah merenggut banyak korban jiwa sebanyak 272 orang, materi dan meninggalkan trauma mendalam.

Setidaknya, sebanyak 56.311 tempat tinggal hancur, warga yang terdampak harus mengungsi ke tenda-tenda darurat. Seperti diketahui, pada tanggal 21 November 2022, pukul 13:21 waktu setempat, gempa berkekuatan 5,6 skala Richter mengguncang Cianjur, Jawa Barat.

Berita Terkait : Perhutani Jadi Posko Satgas Bencana BUMN Untuk Korban Gempa Cianjur

Selain korban tewas, sebanyak 2.046 luka-luka dan 39 orang dikabarkan hilang. Laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan intensitas gempa susulan di Kabupaten Cianjur akan semakin melandai dalam waktu empat hari, sejak 22 November yang lalu. ■