Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sinergi Bareng BUMN, Pertamedika IHC Layani Kesehatan Korban Gempa Cianjur

Jumat, 25 November 2022 15:35 WIB
Tim medis Pertamedika IHC menembus medan berat demi menjangkau warga terdampak gempa Cianjur. (Dok. Pertamedika IHC)
Tim medis Pertamedika IHC menembus medan berat demi menjangkau warga terdampak gempa Cianjur. (Dok. Pertamedika IHC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Buka Posko Kesehatan di kawasan terdampak gempa bumi Cianjur, PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamedika IHC bersinergi dengan beberapa perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sinergi BUMN-BUMN ini tergabung dalam koordinasi Menteri BUMN Erick Thohir. Seluruh perusahaan BUMN saling mendukung kebutuhan BUMN lainnya seperti listrik, tenda dan fasilitas darurat, serta berbagi informasi antar Posko atau membantu layanan masing-masing.

Salah satunya seperti yang terangkum pada pendirian posko di Lapangan Bola Ciarma, Kecamatan Cugenang, yang lokasinya cukup jauh dari jalan nasional Cianjur.

Baca juga : Relawan Puan Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur

Dan saat ini, memerlukan waktu tempuh 2 jam perjalanan dengan kondisi jalan menanjak ke puncak bukit.

“Dalam kondisi darurat seperti saat ini, koordinasi dan sinergi antar pihak menjadi kunci untuk keberhasilan layanan Pertamedika IHC. Dengan sinergi ini, kami bisa masuk ke wilayah yang lebih dalam dibantu ambulans dari BUMN lain, karena ambulans Rescue/Mini ICU Pertamedika IHC yang besar sulit menjangkau wilayah tersebut,” jelas Nerisa Pitrasari Corporate Secretary Pertamedika IHC.

Dia menambahkan, kondisi wilayah Kabupaten Cianjur yang berkontur dan tanah bergelombang paska gempa juga menjadi tantangan bagi ambulans.

Baca juga : OJK Dan IJK Salurin Donasi Rp 750 Juta Untuk Korban Gempa Cianjur

Tim medis seringkali harus meninggalkan kendaraannya, lantas lanjut berjalan kaki mengunjungi rumah-rumah atau tenda warga untuk pemeriksaan kesehatan.

Pertamedika IHC menurunkan tiga tim medis dengan total tenaga kesehatan sebanyak 5 dokter gawat darurat dan management disaster, 1 dokter spesialis emergency dan 7 perawat, untuk berjalan menuju desa-desa sekitar Cugedang.

Selain itu, satu tim tenaga medis bersiaga di Posko Kesehatan Lapangan Bola Ciarma.

Baca juga : Relawan Ganjar Pranowo Bahu Membahu Bantu Korban Gempa Cianjur

“Dalam dua hari terakhir, tim medis melayani 150 warga Cianjur dengan dua pasien diantaranya seorang bayi kami rujuk dengan ambulans IHC ke RSUD Cimacan karena mengalami demam tinggi, lemas, dan kekurangan gizi,” ujar Nerisa.

Pertamedika IHC merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang layanan kesehatan. Perusahaan juga merupakan induk usaha rumah sakit BUMN, di mana saat ini menaungi 75 Rumah Sakit serta 143 klinik kesehatan di seluruh Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.