Dark/Light Mode

Amien Rais Bawa-bawa Akidah, Ruhut Sentil Perasaan Zulhas

Sabtu, 3 Agustus 2019 11:55 WIB
Ruhut Sitompul (kanan) (Foto: Twitter @ruhutsitompul)
Ruhut Sitompul (kanan) (Foto: Twitter @ruhutsitompul)

RM.id  Rakyat Merdeka - Belakangan ini, Partai Amanat Nasional (PAN) makin dekat dengan koalisi pemenang Pilpres, Jokowi-Ma’ruf. Politisi seniornya, Amien Rais geram. Dia mengimbau partai berlogo Matahari Putih ini, untuk bersikap oposisi.

Kalau nekat koalisi juga, Amien bilang, itu bagai menggadaikan akidah demi kepentingan sesaat.

Baca juga : Amien Rais Minta 55:45, Ruhut: Sudah Merendahkan Jokowi, Nggak Malu Minta Kursi?

Mantan Politikus Partai Demokrat Ruhut Sitompul menilai, pernyataan Amien terlalu berlebihan. Tak usahlah bawa-bawa akidah dalam urusan politik. Ruhut bahkan menyentil Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), yang juga besan Amien Rais.

"Pak Amien Rais mengatakan Koalisi PAN dengan pemerintahan Bapak Joko Widodo sama dengan menggadaikan “Akidah”, gimana ya perasaan besannya yang juga Ketua Umum PAN Pak Zul belum lagi para Deklarator PAN dan Pengurus yang Non Muslim. MERDEKA," kicau Ruhut lewat akun Twitter-nya @ruhutsitompul, Sabtu (3/8/).

Baca juga : Lewat Ludruk, MPR Bangkitkan Semangat Persatuan

Kicauan Ruhut mendapat sambutan netizen. Warganet juga bilang, pernyataan Amien berlebihan. "Apakah @Official_PAN yang didirikan oleh @AmienRais_ itu partai yang berbau keagamaan? Tidak sama sekali, lalu mengapa harus ada istilah gadaikan akidah? Akidah apa Pak Amien?" tanya akun @ElfanKoto. 

Netizen lainnya, menyindir Amien dengan nyinyiran. "Si Mbah sudah mulai pikun, sebaiknya istirahat dalam berpolitik, kalaupun masih tetap ingin berpolitik harap santun dijaga. Semoga beliau paham," cuit aku @BadangKarimun disambut nasihat bijak tweeps @EdaneKi. "Harusnya, orang-orang pintar dan penuh pengalaman ini lantang bersuara, berbagi ilmunya pada sesama, bahkan menggerakkan peradaban ke arah yang lebih baik."

Baca juga : Pesawat Kalibrasi Sukses Mendarat, Runway Ketiga Soekarno-Hatta Siap Dioperasikan

Yang lain meledek PAN, seperti akun @KenikoSpacy. "Emang PAN itu termasuk partai besar? Minimal 5 besar, partai ini urutan 8 atau no 2 dari buncit tapi koar-koar mereka di media melebihi pemenang pemilu," cuitnya ditimpali candaan @robymartin89. "Kasian mereka yang mendukung Jokowi, akidahnya digadaikan di Pegadaian."

Meski demikian, tak sedikit pula yang mendukung pernyataan Amien. "Tetaplah jadi oposisi, karena pemerintahan Pak @jokowi juga butuh kritik," saran @AzmiMaulidah senada dengan @SyafrinB. "Namanya demokrasi harus ada yang kritik jika tidak semua kebijakan kongkow-kongkow partai pendukung semua yes Bos. Justru ada oposisi demokrasi jadi hidup dan begairah NKRI akan tidak salah urus kerena ada yang mengingatkan."
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.