Dark/Light Mode

Komitmen Investasi KTT G20

Segera Eksekusi, Jangan Lama!

Rabu, 30 November 2022 06:30 WIB
G20 Indonesia. (Foto: Istimewa).
G20 Indonesia. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah komitmen investasi dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali harus segera dieksekusi. Nilai komitmen investasi tersebut mencapai ratusan dolar AS.

Presiden Jokowi telah meminta jajarannya mengawal percepatan berbagai komitmen investasi pada saat pertemuan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, agar bisa terealisasi di lapangan.

“Saya melihat saat di Bali, di G20, energi positifnya kelihatan sekali. Jangan sampai komitmen investasi yang sudah ada tak bisa terealisasi di lapangan,” ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas tentang evaluasi pelaksanaan KTT G20 yang digelar di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (28/11).

Diberitakan, sejumlah komitmen investasi tersebut, antara lain komitmen dari Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui skema Partnership for Global Infrastructure Investment sebesar 600 miliar dolar AS.

Baca juga : Komitmen Tinggi Soal Kearsipan, TASPEN Terima Penghargaan dari ANRI

Kemudian, 20 miliar dolar AS untuk pengembangan kendaraan listrik berba­sis fosil melalui Just Energy Transition Partnership.

Selain itu, ada juga komitmen investasi dari Jepang, Inggris dan Korea Selatan untuk MRT Jakarta. Serta kerja sama dengan Turki untuk pembangunan jalan tol Trans-Sumatera dan lain-lainnya.

“Saya melihat ini banyak sekali. Sebab itu, perlu segera ada task force khusus. Misalnya, yang Amerika siapa, yang UAE siapa, yang Korea siapa, yang Jepang siapa, yang China siapa. Sehingga semuanya bisa secara detail menindaklan­juti apa yang menjadi kesepakatan kita di Bali,” kata Jokowi.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta segera dibentuk gugus tugas atau task force untuk menindaklanjuti berbagai kesepakatan yang telah dicapai dalam KTT G20.

Baca juga : Kinerja Industri Keuangan Diramal Tetap Kinclong

Dia mengatakan, setidaknya terdapat 226 proyek yang bersifat multilateral dengan nilai mencapai 238 miliar dolar AS.

Kemudian, ada 140 proyek yang bersi­fat bilateral dengan nilai 71,4 miliar dolar AS yang perlu segera ditindaklanjuti.

“Harus dipastikan, semua proyek pro­gram dan inisiatif ini segera dieksekusi dengan cepat,” harap mantan Wali Kota Solo ini.

Netizen memuji penyelenggaraan KTT G20 mampu menghasilkan beberapa kesepakatan ekonomi dan investasi yang menguntungkan bagi Indonesia.

Baca juga : Presiden Pastikan Pasien Korban Gempa Cianjur Ditangani Dengan Baik

Akun @AmarRuhian05 mengatakan, penyelenggaraan KTT G20 mampu menghasilkan beberapa kesepakatan ekonomi dan investasi bagi Indonesia.

Di antaranya, kata @WarasBareng, 226 proyek multilateral senilai 238 miliar dolar AS dan 140 proyek bilateral senilai 71,4 miliar dolar AS.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.