Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bakal Disahkan Di Rapur Tunggal

Alumni Unkris Yudo Margono Mulus Jadi Panglima TNI

Selasa, 6 Desember 2022 16:52 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut, Yudo Margono
Kepala Staf Angkatan Laut, Yudo Margono

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengesahan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono sebagai Panglima TNI baru menggantikan Jenderal Andika Perkasa akan dilaksanakan dalam rapat paripurna (rapur) khusus DPR pekan depan. 

Kepastian itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPR, Lodewijk F Paulus kepada wartawan di Gedung DPR Senayan, Jakarta, dikutip Selasa (6/12).
 
Lodewijk menyampaikan, DPR akan menggelar Rapur dengan agenda tunggal dalam waktu dekat. Rapur tersebut dilakukan untuk mengesahkan Yudo, pria jebolan Universitas Krinadwipayana (Unkris) tahun 2013 ini sebagai Panglima TNI baru.

Baca juga : Komisi I Setujui Laksamana Yudo Jadi Panglima TNI

"Jadwal rapat Paripurnakan khusus untuk pengesahan Panglima TNI dalam waktu dekat. Jadi acara tunggal hanya untuk pengesahan Panglima TNI," ujarnya.

Lodewijk menambahkan, setidaknya ada dua kali rapat Paripurna akan dilakukan menjelang masa reses pada pertengahan bulan ini. Kedua Rapat Paripurna tersebut yakni pengesahan pertimbangan Yudo menjadi calon panglima TNI serta Pidato Penutupan Masa Sidang II Tahun Sidang 2022-2023 yang disampaikan Ketua DPR, Puan Maharani. 

Baca juga : Jadi Calon Tunggal Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono Punya Harta Rp 17,97 M

"Insya Allah kita masih ada dua paripurna lagi," kata Lodewijk.

Kendati demikian, Lodewijk ini belum bisa memastikan waktu pelaksanaan Rapat Paripurna khusus untuk pengesahan calon Panglima TNI. 

Baca juga : Pengamat: Penunjukan KSAL Yudo Jadi Panglima Sudah Tepat

Sebelumnya, rapat internal Komisi I DPR pada Jumat (2/12) menyepakati Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI baru.  Kesepakatan itu diputuskan setelah Laksamana Yudo Margono menjalani rangkaian uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI. 

Rapat Internal Komisi I DPR juga menyetujui pemberhentian Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. DPR mengapresiasi dedikasi Jendetal Andika karena telah memajukan institusi TNI.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.