Dark/Light Mode

PDI Perjuangan Kutuk Bom Bunuh Diri di Mapolsek Astana Anyar Bandung

Kamis, 8 Desember 2022 15:32 WIB
Ketua DPC PDI Perjuangan Achmad Nugraha. (IST)
Ketua DPC PDI Perjuangan Achmad Nugraha. (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Bandung angkat bicara soal pengeboman bunuh diri di Markas Kepolisian Sektor Kota (Mapolsekta) Astana Anyar Kota Bandung. Rabu (7/12/2022) pagi.

PDI Perjuangan mengutuk keras pengeboman yang dirancang dan menyebabkan jatuh korban, bahkan membunuh seorang anggota Polri yang sedang menjalankan tugas negara yaitu Aipda Sofyan.

"Semoga Almarhum meninggal dengan keadaan Sahid , ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bandung Achmad Nugraha, dalam pernyataan tertulis, Kamis, (8/12/2022).

Seluruh jajaran partai ini mengucapkan turut berbela sungkawa atas korban pengeboman tersebut. Menurut Achmad, peristiwa itu merupakan pelajaran berharga.

Baca juga : Malaysia Kutuk Aksi Bom Bunuh Diri Di Polsek Astanaanyar Bandung

"Pelajaran bagi masyarakat untuk tetap konsisten menolak segala tindakan yang menggunakan kekerasan dan cara-cara anti demokrasi," tegas Wakil Ketua DPRD Kota Bandung ini.

Di samping itu lanjutnya, aksi bom bunuh diri yang terjadi merupakan tindakan mematikan kemanusiaan dan peradaban.

"PDI Perjuangan mengutuk keras tindakan biadab itu," tukas Achmad.

Namun demikian kata Achmad, aksi tersebut menyadarkan kita bahwa persoalan intoleransi, radikalisme, terorisme masih ada disekeliling kita.

Baca juga : Sufmi Dasco: Sikat Habis Jaringan Teroris

“Kenyataan itu membuktikan bahwa ideologi yang berlandaskan kebencian kepada sesama umat manusia merusak sendi-sendi kerukunan bangsa," kata Achmad.

Untuk itu dia berharap, semua pendekatan harus ditempuh agar perikehidupan bangsa berdasarkan Pancasila menjadi jiwa bangsa, dan tidak memberi ruang sedikitpun bagi berkembangnya intoleransi.

"Sikap tegas terhadap ideologi intoleransi, maka akan menumbuhkan persatuan dan ketika itu dijaga kita akan terhindar dari berbagai persoalan perpecahan," kata Achmad.

Dalam kesempatan sama, politikus partai besutan Megawati Soekarno Putri ini mendorong aparat kepolisian untuk segera mengusut kejadian tersebut hingga tuntas.

Baca juga : Legislator NasDem Kutuk Teror Bom Bunuh Diri di Mapolsek Astana Anyar Bandung

"Saya percaya Polri akan melakukan penegakan hukum secara profesional dalam menjaga keamanan dan memberikan perlindungan kepada masyarakat," katanya.

Selain itu, Achmad juga mengimbau agar Polri tetap waspada terhadap tindakan aksi terorisme yang meresahkan masyarakat khususnya di wilayah hukum Kota Bandung.

"Tidak hanya di Bandung, saya mendorong Polri untuk meningkatkan kewaspadaan di seluruh Indonesia demi memastikan kejadian seperti ini tak terulang lagi," pungkas Achmad.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.