Dark/Light Mode

Kaesang-Erina Nikah Besok

Bagikan Foto-foto Siraman Dan Sungkeman Putra Bungsunya, Jokowi Mohon Doa Restu

Jumat, 9 Desember 2022 11:39 WIB
Presiden Jokowi menuangkan air kendi dalam prosesi siraman putra bungsunya: Kaesang Pangarep di rumahnya, Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (9/12). (Foto: Instagram)
Presiden Jokowi menuangkan air kendi dalam prosesi siraman putra bungsunya: Kaesang Pangarep di rumahnya, Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (9/12). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menyampaikan satu kabar bahagia di hari ini, Jumat (9/12). 

Bersama Ibu Negara Iriana, anak, menantu, dan cucunya, Jokowi mengantar putra bungsunya: Kaesang Pangarep menjalani rangkaian prosesi pernikahan dengan Erina Gudono di kediamannya di Kota Surakarta.

Jokowi dan keluarga mengenakan pakaian tradisional Jawa dengan nuansa pink, dalam acara sungkeman dan siraman Kaesang.

"Syukur alhamdulillah, prosesi sungkeman dan siraman berjalan dengan baik dan lancar. Kami sekeluarga memohon doa restu kepada masyarakat, agar prosesi selanjutnya dapat berjalan dengan baik," kata Jokowi melalui laman Instagramnya, Jumat (9/12).

"Kami juga memohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila dalam pelaksanaan rangkaian pernikahan Kaesang dan Erina ini mengganggu kenyamanan masyarakat. Khususnya, masyarakat Yogyakarta dan Kota Surakarta," imbuhnya.

 

Baca juga : Panglima Jilah Pastikan Pasukan Merah Suku Dayak Kawal Jokowi Satu Komando

Dalam foto-foto yang dibagikan di Instagram, Jokowi membagikan empat momen kebahagiaan keluarganya.

Tampak Jokowi sedang menuangkan air dari kendi, menyirami Kaesang yang hanya mengenakan kain batik, angkin, dan berkalung rangkaian bunga sedap malam. Disaksikan Ibu Iriana, Kahiyang Ayu yang merupakan anak kedua Jokowi beserta suami: Wali Kota Medan Bobby Nasution, menantu Jokowi/istri Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Selvy Ananda beserta putrinya: La Lembah Manah.

Air siraman untuk prosesi pernikahan ini, berasal dari tujuh sumber. Yaitu dari kediaman Jokowi, rumah Erina, Keraton Kilen, Pakualaman, Pura Mangkunegaran, Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta, dan air zamzam.

 

Terekam pula, Kaesang sedang mencium pipi ibunda tercinta, dalam prosesi sungkeman.

Serta foto Jokowi tengah menggendong Kaesang secara simbolis. Kaesang yang mengenakan handuk kimono warna putih, mengambil posisi sambil berjalan, dengan tangan merangkul ayahnya dari belakang. Di belakang Kaesang, tampak Ibu Iriana memegangi handuk kimono putra bungsunya. 

Baca juga : Terima Kunjungan PM Malaysia, Jokowi Suguhkan Rendang

 

Malam ini, prosesi pernikahan akan dilanjutkan dengan Malam Midodareni di kediaman Erina, di Sleman. 

Dalam acara tersebut, Kaesang dan keluarga akan datang ke rumah Erina untuk menyerahkan seserahan.

Kaesang dan Erina akan menjalani akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (10/12) pukul 12.30 WIB. Dengan mahar uang tunai Rp 300 ribu dan seperangkat alat shalat.

Setelah akad nikah yang mengundang 150 tamu, acara akan bersambung dengan prosesi panggih atau mpertemukan pasangan pengantin usai akad nikah, dan resepsi pernikahan.

Kaesang Pangarep lahir di Surakarta 25 Desember 1994. Anak ketiga Presiden Jokowi yang kondang sebagai pengusaha kuliner dan YouTuber, menamatkan pendidikannya di Singapore University of Social Sciences. 

Baca juga : Buka Hakordia 2022, Wapres: Seperti Covid-19, Korupsi Musuh Utama Bangsa

Saat ini, Kaesang menjabat Direktur Utama Persis Solo.

Sementara Erina Sofia Gudono, lahir pada tanggal 11 Desember 1996 di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS). Finalis Puteri Indonesia DIY itu merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Putri Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, almarhum Prof. Gudono.

Erina yang meraih gelar Master of Public Administration dari Columbia University AS, kini bekerja sebagai Finance Analyst di International Investment Bank. Dia juga dikenal aktif dalam berbagai kegiatan di bidang pendidikan. ■

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.