Dark/Light Mode

Buka Hakordia 2022, Wapres: Seperti Covid-19, Korupsi Musuh Utama Bangsa

Jumat, 9 Desember 2022 10:47 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri dan Wapres Maruf Amin, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (9/12). (Foto: Oktavian/Rakyat  Merdeka)
Ketua KPK Firli Bahuri dan Wapres Maruf Amin, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (9/12). (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin resmi membuka rangkaian kegiatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan.

"Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia Tahun 2022 secara resmi saya nyatakan dibuka," ujar Ma'ruf, saat membuka Hakordia 2022 di Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (9/12).

Saat memberikan sambutan, Ma'ruf memyebut korupsi adalah musuh utama semua bangsa, sama seperti pandemi Covid-19 yang dianggap sebagai musibah global.

Baca juga : Radikalisme Bukan Stigmatisasi, Tapi Musuh Agama dan Negara

"Kita memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia setiap tahun, sebagai penanda sekaligus pengingat bagi kita semua bahwa korupsi adalah musuh utama seluruh bangsa. Sama halnya dengan Covid-19, korupsi juga merupakan musibah global," tegas eks Rais Aam PBNu ini.

Ma'ruf menyebut, seluruh negara mengakui bahwa korupsi merupakan pusat dari berbagai persoalan karena korupsi memiliki sifat korosif terhadap segala pencapaian.

Diingatkannya, perjuangan untuk pulih dari krisis akibat tantangan ekonomi, politik, sosial, dan lingkungan hanya akan berhasil bila nmenerapkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan baik, bebas dari korupsi.

Baca juga : Sukses Tangani Covid-19, Popularitas Airlangga Menanjak

"Situasi sulit yang tengah kita hadapi sekarang, akan semakin terasa berat dengan perilaku koruptif," ingat Ma'ruf.

Sementara, pola pengelolaan perizinan yang tidak transparan dan pengambilan kebijakan yang tidak berintegritas akan menyebabkan negara kehilangan potensi pendapatan di sektor energi dan sumber daya mineral.

"Oleh karena itu, segala upaya pemulihan sosial ekonomi nasional membutuhkan dukungan dari KPK dan semua pemangku kepentingan agar tidak tumbang oleh perilaku koruptif," tandas Ma'ruf.

Baca juga : Anak SD Kudu Terus Diawasi Guru Dan Orangtua

Ada sejumlah pejabat lainnya yang turut menghadiri agenda Hakordia hari ini. Mereka di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menaker Ida Fauziyah, Menteri ESDM Arifin Tasrif, dan Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Selain itu, ada juga mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang turut menghadiri agenda kali ini. KPK menggelar rangkaian kegiatan Hakordia 2022 selama tiga hari ke depan. Hakordia kali ini mengambil tema Indonesia Pulih, Bersatu Berantas Korupsi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.