Dark/Light Mode

Tim NU Peduli Kirim Bantuan Tahap Ketiga Untuk Korban Gempa Cianjur

Jumat, 9 Desember 2022 17:01 WIB
NU Care Lazisnu PBNU menyerahkan bantuan tahap ketiga untuk warga terdampak gempa bumi Cianjur, Kamis (8/12) malam.
NU Care Lazisnu PBNU menyerahkan bantuan tahap ketiga untuk warga terdampak gempa bumi Cianjur, Kamis (8/12) malam.

RM.id  Rakyat Merdeka - NU Care-Lazisnu PBNU menyerahkan bantuan tahap ketiga untuk warga terdampak gempa Cianjur, melalui Tim NU Peduli Gempa Cianjur.

Kamis (8/12) malam, tiga truk yang membawa barang bantuan berangkat dari kantor NU Care-Lazisnu PBNU, Jakarta Pusat.

Ketua NU Care-Lazisnu PBNU, Habib Ali Hasan Al Bahar mengatakan, bantuan tersebut berasal dari donatur dalam negeri dan luar negeri, yang diamanatkan kepada lembaganya. 

Ia juga mengatakan, kiprah NU Care-Lazisnu membantu warga terdampak bencana alam, termasuk gempa bumi Cianjur, tak lepas dari dukungan, doa, serta arahan Tanfidziyah dan Syuriyah PBNU.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Rais 'Aam, Ketua Umum, dan seluruh jajaran pengurus PBNU atas dukungan terus menerus kepada kami, Tim NU Peduli,” kata Habib Ali Hasan dalam keterangannya, Jumat (9/12).

Rombongan yang berangkat ke Cianjur, tak hanya terdiri dari pengurus NU Care- Lazisnu PBNU, tetapi juga tenaga medis dan pengurus Lembaga Kesehatan (LK) PBNU.

Baca juga : PUPR Gandeng PLN Terangi Bantuan Rumah Untuk Masyarakat

“Lazisnu PBNU bersama Sekretaris LK PBNU, dr Citra Fitri Agustina, dan anggota pengurus LK PBNU, Rudi Syafruddin, akan menyalurkan bantuan ke Cianjur,” kata Habib Ali.

Dia berharap, bantuan yang telah dan akan disalurkan bagi warga Cianjur, dapat bermanfaat dan membawa dampak baik. “Cianjur harus bangkit, harus pulih,” ucap Habib Ali.

Sementara itu, Sekretaris NU Care- Lazisnu PBNU.Moesafa menuturkan, donasi yang masuk hingga sekarang adalah hasil bantuan yang dihimpun dari Lazisnu PWNU, Lazisnu PCNU, dan Lazisnu PCINU yang diteruskan ke rekening Lazisnu PBNU.

Cabang Istimewa NU yang menghimpun bantuan antara lain adalah Hong Kong dan Taiwan. 

Berdasarkan laporan, total bantuan kini mencapai Rp 326.108.506.

“Ada juga dari Lazisnu PCNU Bangka Selatan, Paser, Mukomuko, Tulang Bawang Barat, Kota Waringin Timur, Sorong, Sulawesi Selatan, dan lainnya,” ujar Moesafa.

Baca juga : Campina Peduli Korban Gempa Cianjur

dr. Citra menambahkan, bantuan untuk warga terdampak gempa Cianjur tak cukup hanya sebatas logistik, tetapi juga kesehatan.

"Saat ini, bantuan bidang kesehatan terus berlangsung, seperti pelayanan kesehatan dan psikososial, bagi mereka yang mengalami masalah psikologis,” tuturnya.
 
Dua Titik Bantuan

Bantuan NU Peduli Gempa Cianjur tahap ketiga diserahkan di dua titik.

Titik pertama adalah Kampung Cireundeu, Desa Bunisari, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur.

Di titik ini, bantuan diterima Dedi Kuswara, selaku Ketua RT 01 RW 01.

"Terima kasih kepada seluruh jajaran NU. Alhamdulillah,.sudah kami terima  bantuannya. Bantuan ini ditujukan untuk balita hingga lansia. Kami mengucapkan beribu-ribu terima kasih. Semoga, bantuan ini bermanfaat. Yang memberikan bantuan, semoga dimurahkan rezekinya," ujar Dedi.

Baca juga : Garudafood Gelar Trauma Healing Untuk Korban Gempa Cianjur

Direktur Eksekutif NU Care-Lazisnu PBNU Qohari Cholil menjelaskan, bantuan tahap ketiga ini terdiri dari perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan, dan kebutuhan untuk balita serta lansia.

Bantuan tersebut diberikan berdasarkan asesmen lanjutan Tim NU Peduli, yang mendampingi warga di pos lapangan NU Peduli, sejak hari pertama setelah gempa.

Titik kedua bantuan NU Peduli Gempa Cianjur adalah Kantor PCNU Kabupaten Cianjur sebagai Pos Induk NU Peduli.

Bantuan diterima langsung oleh Ketua PCNU Cianjur, Kiai Deden Usman Ridwan, yang juga Kepala Satgas NU Peduli Gempa Cianjur.

Selain pendistribusian bantuan, Tim NU Peduli juga menghibur anak-anak dengan mengajak bershalawat, menggelar lomba azan, dan menggelar hiburan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Tim NU Peduli juga melakukan asesmen lanjutan untuk rencana pembangunan hunian sementara (huntara), MCK, madrasah, dan mushala darurat. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.