Dark/Light Mode

Urus Nikahan Kaesang

Jokowi Tetap Urus Negara

Sabtu, 10 Desember 2022 08:04 WIB
Presiden Jokowi menandatangani berkas disela acara siraman Kaesang Pangarep. (Foto: Instagram Jokowi)
Presiden Jokowi menandatangani berkas disela acara siraman Kaesang Pangarep. (Foto: Instagram Jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prosesi pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono sudah dimulai, kemarin. Di hari pertama itu, Jokowi mengikuti sejumlah acara adat Jawa, seperti sungkeman dan siraman. Di sela agenda yang padat itu, Jokowi masih menyempatkan diri bekerja ngurus negara dengan menandatangani sejumlah dokumen. 

Ritual sungkeman dan siraman ini, digelar di kediaman Jokowi di Jalan Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. Para tamu undangan sudah berdatangan sejak pukul 7 pagi. 

Dua jam berselang, Jokowi dan Ibu Iriana muncul. Jokowi tampil dengan beskap warna merah muda dipadu kain batik warna cokelat dan blangkon warna senada. Sementara Ibu Iriana tampil  dengan kebaya warna hijau bercorak bunga warna merah muda dipadankan dengan kain batik warna coklat. Penampilan Ibu Iriana tambah anggun dengan aksesori mutiara mulai dari  kalung, anting, gelang dan cincin.  

Anak dan cucu menantu Jokowi dan Iriana juga tampak memakai busana serupa, termasuk calon pengantin pria, Kaesang Pangarep.

Acara dimulai dengan memasang bleketepe atau anyaman yang terbuat dari daun kelapa. Setelah itu, giliran Ibu Iriana yang memasang tuwuhan berupa setandan pisang raja yang sudah keemasan. Dalam adat Jawa, tuwuhan ini berarti tumbuh. Harapannya, calon pengantin tumbuh beranak pinak dan tumbuh kebahagiaan dalam menjalani biduk rumah tangga. Setelah itu, Kaesang menjalani prosesi sungkeman. 

Baca juga : Mardani Ali Sera Kena Sentil Pengamat: Iri Bilang Bos!

Prosesi siraman berlangsung khidmat dan haru, sekaligus penuh kebahagiaan. Dalam foto yang dibagikan, tampak Kaesang bersimpuh meminta restu kepada kedua orang tuanya. Setelah itu, Kaesang mengikuti siraman. Pada prosesi ini, sejumlah menteri seperti Mahfud MD dan Luhut Pandjaitan ikut mengguyur air kembang ke badan Kaesang. 

Selanjutnya, Jokowi terlihat memotong ujung rambut Kaesang. Lalu, potongan rambut itu dimasukkan ke dalam kendi kecil berwarna emas. Dalam adat Jawa ini disebut Tanam Rikmo.

Selesai acara, Jokowi bersama keluarga menunaikan ibadah Salat Jumat di Masjid Sapta Marga, Korem 074/Warastratama, Surakarta sebelum bertolak menuju kediaman mempelai putri, Erina Gudono di Sleman, Yogyakarta untuk menghadiri prosesi Midodareni. 

Di akun Instagram miliknya, Jokowi sendiri mengucapkan syukur atas prosesi sungkeman dan siraman yang berjalan tadi pagi. Ia menilai prosesi berlangsung dengan baik dan lancar 

Kami sekeluarga mohon doa restu pada masyarakat agar prosesi selanjutnya baik midodareni dan besok ijab kabul kemudian dilanjutkan dengan nanti tasyakuran di Pura Mangkunegaran, semuanya bisa berjalan dengan baik," kata Jokowi.

Baca juga : Prosesi Akad Nikah Kaesang Di Ambarukmo Dimulai Sabtu Pukul 12.30 WIB

"Dan sekali lagi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam prosesi ini yang dimulai dengan sungkeman dan siraman sampai nanti tasyakuran di Pura Mangkunegaran, apabila ada yang terganggu kenyamanannya," katanya.

Jokowi tak lupa mendoakan Kaesang dan Erina bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah di masa depan.

Di sela-sela padatnya rangkaian acara adat itu,    Jokowi rupanya masih menyempatkan diri untuk bekerja sebagai presiden. Eks Wali Kota Solo itu tak cuti. Momen Jokowi ngurus negara itu diunggahnya melalui akun Instagram resminya. 

Dari foto yang diunggah terlihat Jokowi yang  masih mengenakan beskap duduk di belakang meja sambil memegang pena. Di sudut meja, setumpuk dokumen berkop bintang menunggu untuk diteken. 

"Sebelum Jumatan di sela rangkaian prosesi pernikahan Kaesang, pekerjaan dan tugas administrasi kenegaraan tak boleh tertunda. Setumpuk dokumen di depan saya ini tetap harus diselesaikan," kata Jokowi, di akun Instagram miliknya.

Baca juga : Presiden PKS Kemungkinan Bakal Absen Di Nikahan Kaesang, Ini Alasannya

Unggahan Jokowi itu mendapat banyak komentar. Netizen memberikan acungan jempol untuk Jokowi. "Luar biasa presidenku," ucap @ikha_samudra. "Sehat-sehat, Pak. Semoga lancar acaranya dari awal sampai akhir," ujar @eviewuwungan. 

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono menyebut Jokowi tak cuti saat acara nikahan Kaesang. Pj Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, acara itu digelar pada akhir pekan sehingga Jokowi tak perlu cuti.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.