Dark/Light Mode

Urus Kawinan Kaesang, Jokowi PP Jakarta-Solo

Senin, 5 Desember 2022 07:51 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi. (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono tinggal enam hari lagi. Kemarin, Jokowi menggelar rapat terakhir untuk mengurus pernikahan putranya itu. Untuk rapat ini, Jokowi pun rela pulang pergi (PP) Jakarta-Solo.

Rapat persiapan pernikahan Kaesang-Erina digelar di Soga Resto Batik Danar Hadi Solo, Jalan Slamet Riyadi, Solo. Rumah makan ini berjarak hanya beberapa ratus meter dari Loji Gandrung, Rumah Dinas Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 10 pagi dengan menumpang mobil Alphard hitam. Ibu Iriana ikut mendampingi, bersama anak perempuannya, Kahiyang Ayu, dan menantunya, Selvi Ananda. Sejumlah menteri ikut dan pejabat penting hadir dalam rapat terbatas ini. Di antaranya Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menpora Zainudin Amali, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Rapat berlangsung tertutup selama hampir dua jam.

Lewat tengah hari, Jokowi muncul, lalu memberikan keterangan. Eks Gubernur DKI Jakarta itu pun mengatakan, persiapan pernikahan Kaesang sudah 99 persen. "Alhamdulillah, sudah dipersiapkan dengan baik," kata Jokowi.

Baca juga : Dirawat Karena Infeksi Pernapasan, Kondisi Pele Stabil

Kepada wartawan, Jokowi mengatakan, akad nikah akan digelar di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12). Sehari kemudian, keluarga mempelai akan menjalani prosesi ngunduh mantu di Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, dilanjutkan dengan Tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

Jokowi mengatakan, awalnya keluarga berencana mengadakan ngunduh mantu dan resepsi pernikahan di Graha Saba Buana. Namun, karena gedungnya dipakai, akhirnya keluarga memutuskan mengadakan tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

"Kita kan nggak bisa mentang-mentang gedungnya sendiri langsung (orang) disuruh pindah harinya atau disuruh pindah gedung. Kan nggak bisa. Alasannya, sebenarnya hanya itu," kata Jokowi. 

Eks Wali Kota Solo itu pun meminta maaf kepada masyarakat jika gelaran pernikahan Kaesang dengan Erina di Yogyakarta dan Solo sampai menyebabkan kemacetan. "Saya ingin mohon maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat, baik yang di Yogya maupun di Solo, atas pernikahan Kaesang dan Erina, apabila nantinya dalam acara tersebut mengganggu perjalanan dan lalu lintas. Kami sekali lagi minta maaf kepada masyarakat," kata Jokowi.

Baca juga : Kunjungan Ke Jepang, MRT Jakarta Teken 4 MoU

Jokowi mengaku, untuk melakukan persiapan pernikahan ini, harus pulang pergi Solo-Jakarta. Jokowi mengatakan, pada Minggu malam, harus terbang lagi kembali ke Jakarta, karena banyak agenda yang harus diselesaikan.

"Pada Jumat (9/12), akan kembali pulang ke Solo. Kalau Ibu Iriana sudah dua minggu ada di Solo," kata Jokowi.

Saat prosesi kirab ini, acara Car Free Day di Jalan Slamet Riyadi akan tetap digelar. Bahkan, direncanakan akan ada sembilan panggung hiburan untuk masyarakat umum.

Acara pernikahan ini bakal dihadiri sekitar 6.000 undangan. Mereka dilarang datang menggunakan kendaraan pribadi untuk menghindari kepadatan lalu lintas.

Baca juga : 2024, Jokowi Masih Sakti

Ada lebih dari 2.188 polisi yang diterjunkan untuk mengamankan rangkaian acara pernikahan ini. Pengamanan akan dilaksanakan di lima titik, yaitu lokasi siraman di rumah pribadi Jokowi, lokasi start kirab di Loji Gandrung, rute kirab serta Pura Mangkunegaran.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.