Dark/Light Mode

Ganjar Pranowo: Nilai Budaya Bisa Berkontribusi Selesaikan Persoalan

Senin, 12 Desember 2022 14:34 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Perdana Menteri Kerajaan Adat Gowa yang juga Ketua Masyarakat Adat Nusantara (Matra) Andi Bau Malik Barammamase mengaku gembira dengan kehadiran Gubernur dalam festival ini. Dia mengapresiasi dukungan Gubenur Jawa Tengah pada pelestarian budaya.

"Sosok Pak Ganjar sangat bermasyarakat, mencintai budaya, sangat memperhatikan para raja, sultan dan pemangku adat dan semua unsur yang menyangkut kebudayaan sangat didukung," terang Andi Bau.

"Jangankan Jateng, ini yang lingkup nusantara saja beliau mendukung," imbuhnya.

Baca juga : Relawan Ganjar Pranowo Gelar Festival Kuliner Nelayan Bersama Masyarakat Parepare

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Ketua DPP Masyarakat Adat Nusantara, KGPAA Mangku Alam II.

"Pak Ganjar adalah salah satu kepala daerah yang peduli terhadap adat dan budaya," katanya.

Gubernur dinilai aktif menjalin komunikasi dengan para raja guna bersama-sama mewujudkan visi misi tersebut. Kemeriahan penyelenggaraan Festival Adat Budaya Nusantara II adalah salah satu bukti keseriusan tersebut.

Baca juga : Humpuss Berkontribusi Besar Wujudkan Indonesia Poros Maritim Dunia

"Karena belum pernah festival keraton maupun kerajaan yang dilakukan di Indonesia maupun nusantara yang hadir sebanyak ini," tandasnya.

Pawai Karnaval Budaya hari ini dimeriahkan berbagai komunitas masyarakat dan seniman dari berbagai daerah. Keunikan dan kemeriahan acara ini, menurut Gubernur, bisa menjadi potensi pariwisata.

"Ternyata menarik, banyak anak-anak dan warga semuanya bisa melihat. Masing-masing (peserta) bisa menunjukkan budayanya, karnavalnya, partisipasinya bagus, menarik. Kalau ini dilakukan terus menerus rasa-rasanya akan menjadi event baru yang menarik juga," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.