Dark/Light Mode

KPK Rilis Hasil Survei Penilaian Integritas Tahun 2022

Rabu, 14 Desember 2022 17:06 WIB
Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka.
Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka.

 Sebelumnya 
Pada tahun 2022, SPI melibatkan total responden mencapai 392.785 orang dengan rincian, responden internal sebanyak 222.470 orang, eksper 8.160 orang, dan eksternal sebanyak 162.155 orang.

Adapun responden minimal dalam satu lembaga ialah 30 orang dan maksimal 2.554 orang. Survei ini mengkombinasikan survei online dan tatap muka.

Metode pertama ialah secara daring melalui WhatsApp blast dan email blast kepada responden terpilih. Kedua, melalui Computer Assisted Personal (CAPI) di 181 Pemerintah Daerah.

Baca juga : Pupuk Indonesia Utilitas Raih Penghargaan Indonesian Quality Award 2022

Secara demografi, responden internal terbagi menjadi 60 persen laki-laki dan 40 persen perempuan. Dengan rincian responden 39 persen jabatan setara staff, 40 persen berusia 36-40 tahun, dan 54 persen pendidikan setara sarjana S1.

Sementara responden eksternal terbagi menjadi 56 persen laki-laki dan 44 persen perempuan, dengan 19 persen karyawan swasta, 39 persen berusia 25-35 tahun, dan 42 persen pendidikan setara S1.

SPI hadir untuk memotret integritas sebuah lembaga pemerintah melalui tiga sumber yakni pegawai di lembaga tersebut (internal), publik yang pernah berhubungan atau mengakses layanan lembaga (eksternal), dan dari kalangan ahli (eksper).

Baca juga : Sekda Palembang Di Atas Angin

Semakin rendah nilai SPI, menunjukkan semakin tinggi risiko korupsi pada K/L/PD tersebut. Adapun penilaian SPI meliputi transparansi; integritas dalam pelaksanaan tugas; pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ); dan pengelolaan Sumber Daya Manuisa (SDM).

Kemudian, trading in influence (intervensi eksternal untuk pemberian izin/rekomendasi teknis); pengelolaan anggaran; dan sosialisasi antikorupsi.

Turut hadir dalam peluncuran SPI tahun 2022, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh, Direktur Monitoring KPK Agung Yudha Wibowo, para gubernur/bupati/wali kota, dan perwakilan seluruh K/L/PD di seluruh wilayah Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.