Dark/Light Mode

Sukses Terapkan Sistem Merit, Pemkab Sumenep Sabet Piagam KASN

Rabu, 14 Desember 2022 21:42 WIB
Bupati Sumenep Achmad Fauzi usai menerima penghargaan anugerah Meritokrasi dan piagam dari KASN di Jakarta, Kamis (8/12). (Foto: Istimewa).
Bupati Sumenep Achmad Fauzi usai menerima penghargaan anugerah Meritokrasi dan piagam dari KASN di Jakarta, Kamis (8/12). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, atas keberhasilannya menerapkan sistem merit dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) 2022.

Pemerintah Kabupaten Sumenep mendapatkan Anugerah Meritokrasi dan piagam dari KASN, karena berdasarkan hasil penilaian penerapan sistem merit itu memperoleh predikat baik dengan jumlah nilai 265,5.

Baca juga : Top, Erick Thohir Sabet Penghargaan Minister Of The Year

Sistem merit ini tujuannya adalah merekrut ASN yang profesional dan berintegritas dan menempatkan pada jabatan-jabatan birokrasi pemerintah sesuai kompetensinya, mempertahankan ASN melalui pemberian kompensasi yang adil dan layak, mengembangkan kemampuan ASN melalui bimbingan dan diklat serta melindungi karier ASN dari politisasi dan kebijakan yang bertentangan dengan prinsip merit (nepotisme dan primordialisme).

"Alhamdulillah, Anugerah Meritokrasi ini sebagai bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam pengelolaan ASN benar-benar berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi," terang Bupati Sumenep Achmad Fauzi usai menerima penghargaan, di Jakarta, Kamis (8/12).

Baca juga : 40 Tahun Jalankan Sistem EPR, Korsel Sukses Daur Ulang Sampah Plastik

Penghargaan ini, lanjut Bupati Fauzi menjadi penyemangat pemerintah daerah kabupaten Sumenep untuk meningkatkan birokrasi semakin baik, dalam menempatkan ASN secara profesional dan berintegritas sesuai kompetensinya masing-masing.

"Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), sejatinya bukan sekedar mengejar penghargaan sebagai tujuan utama, namun merupakan upaya menerapkan sistem merit dalam manajemen ASN berkualitas di setiap instansi," jelasnya.

Baca juga : Sukseskan Transisi Energi, PLN Siapkan Sistem Pembangkit Listrik EBT yang Fleksibel

Bupati Fauzi mengharapkan, pimpinan dan ASN di perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sumenep terus meningkatkan kebersamaan sekaligus kinerjanya dalam mewujudkan Bismillah Melayani melalui program di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD)-nya.

"Seluruh ASN menjadikan penghargaan ini sebagai motivasi dan semangat untuk berkarya demi membangun Kabupaten Sumenep lebih baik lagi di tahun-tahun selanjutnya," harap Bupati Fauzi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.