Dark/Light Mode

Dukung Gerakan Pekerja Perempuan Sehat, Tjiwi Kimia Sabet Penghargaan Kemenkes

Kamis, 17 November 2022 23:32 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa menyerahkan penghargaan ke Tjiwi Kimia. (Foto: Ist)
Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa menyerahkan penghargaan ke Tjiwi Kimia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (Tjiwi Kimia) meraih penghargaan Mitra Bakti Husada dari Kementerian Kesehatan terkait Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP). Penganugerahan ini merupakan rangkaian peringatan hari kesehatan nasional ke-58 dalam rangka meningkatkan perlindungan pekerja.

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa, dan didampingi Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dr. Maria Endang Sumiwi ini merupakan bentuk apresiasi Kementerian Kesehatan kepada mitra dan perusahaan  yang peduli terhadap kesehatan pekerja, khususnya perempuan. 

Baca juga : Dukung GP2SP, Garudafood Sabet 2 Penghargaan Mitra Bakti Husada 2022

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa dalam sambutannya menjelaskan bahwa GP2SP merupakan perwujudan dari beberapa peraturan pemerintah, dimana seluruh perusahaan wajib menyelenggarakan upaya kesehatan menyeluruh yang mencakup peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, deteksi dini, dan penanganan penyakit serta pemulihan kesehatan.

"Pekerja perempuan memiliki peran ganda sebagai seorang ibu, oleh karena itu implementasi gerakan GP2SP tidak hanya berperan meningkatkan kesehatan dan produktivitas, namun juga berperan dalam mencapai indikator pembangunan lainnya, karena seorang ibu yang sehat akan melahirkan para generasi penerus bangsa yang berkualitas," Kunta menambahkan.

Baca juga : Deretan Musisi Muda Siap Sabet Penghargaan IMA 2022

"Kami menyambut baik penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan ini. Penghargaan ini merupakan wujud upaya dan dukungan kami dalam meningkatkan kualitas kesehatan para pekerja, khususnya kaum perempuan di lingkup Perusahaan," ungkap Direktur Utama Tjiwi Kimia Suhendra Wiriadinata ditempat terpisah. 

Tjiwi Kimia menerapkan beragam program dalam mendukung gerakan GP2SP, antara lain kebijakan terhadap pekerja wanita bekerja nonshift, penggunaan wajib APD lengkap, pelayanan kesehatan dengan bekerjasama dengan Rumah Sakit Citra Medika dan beberapa puskesmas, serta sosialisasi dan penyuluhan kesehatan dari tenaga kesehatan profesional.

Baca juga : Kubedistik Dan Karawang Berseri Diganjar Penghargaan Internasional

Selain itu terdapat pula program dalam upaya menurunkan tingkat anemia pekerja perempuan, serta beragam program bagi pekerja hamil dan menyusui antara lain penyediaan ruang laktasi, senam hamil, reward bagi ibu pemberi asi eksklusif, dan lain sebagainya.

"Melalui beragam program yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan pekerja yang dijalankan di Tjiwi Kimia, kami harapkan dapat memacu dan terus meningkatkan upaya keselamatan dan kesehatan pekerja secara menyeluruh, sehingga mampu mendukung terwujudnya peningkatan kualitas sumber daya manusia," terang Suhendra.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.