Dark/Light Mode

Sukses Kerek Laba Perusahaan Pelat Merah

Top, Erick Thohir Sabet Penghargaan Minister Of The Year

Selasa, 13 Desember 2022 20:18 WIB
Sukses Kerek Laba Perusahaan Pelat Merah Top, Erick Thohir Sabet Penghargaan Minister Of The Year

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir kembali menyabet penghargaan bergengsi atas kerja kerasnya di Kementerian BUMN. Terbaru, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi ini menerima penghargaan Minister of the Year dari CNBC Indonesia.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh CEO CT Corp Chairul Tanjung. Orang terkaya nomor enam di Indonesia tahun 2022 versi Forbes ini pun melontarkan pujiannya kepada Erick Thohir sebagai seorang pemimpin.

CT sapaan akrabnya menyatakan Erick Thohir merupakan pemimpin terbaik yang ada di Kementerian BUMN.

Baca juga : Sukses Transformasikan BUMN, Erick Thohir Jadi Minister of The Year

“Kami menyerahkan trofi kepada orang yang mampu mentransformasi, begitu banyak perusahaan, dalam hal ini perusahaan BUMN. Erick Thohir mentransformasi dengan sangat luar biasa, jadi memang the best CEO di BUMN adalah menterinya,” tutur CT selepas menyerahkan penghargaan Minister of the Year kepada Erick Thohir di Jakarta.

Erick Thohir memang dikenal sebagai pemimpin yang berhasil mentransformasi Kementerian BUMN dan perusahaan-perusahaan pelat merah Indonesia. Di bawah kepemimpinan Eks Presiden Inter Milan tersebut banyak gebrakan yang dilakukan, salah satu di antaranya adalah dengan melakukan holdingisasi perusahaan BUMN berdasarkan fokus usaha.

Seperti halnya pembentukan holding ultramikro (UMi) untuk membatu UMKM masyarakat, holding pertambangan Mind ID untuk memajukan industri pertambangan dan holding ID Food untuk menciptakan ketahanan pangan serta kesejahteraan para petani di Indonesia. Dengan pembentukan holding ini, Erick Thohir berhasil meningkatkan laba Kementerian BUMN.

Baca juga : Kinerja Positif, Kepuasan Publik Terhadap Erick Thohir Meningkat

Setiap tahunnya laba dari Kementerian BUMN terus meningkat, mulai dari tahun 2020 di mana laba tercatat sebesar Rp 13 triliun. Kemudian di tahun 2021 dan triwulan III 2022 laba terus meningkat menjadi Rp 124,7 persen dan Rp 155 triliun. Tak hanya itu berkat transformasi yang dilakukan oleh Erick Thohir, BUMN tidak lagi menjadi menara gading namun aktif berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk swasta dan masyarakat.

Dalam program kolaborasi, Erick Thohir mengajak masyarakat untuk mencapai kesejahteraan dengan berani mengambil langkah pembukaan dan pengembangan usaha. Program kolaborasi ini di antaranya adalah KUR, Mekaar dan Makmur.

Ketiga program tersebut berhasil menggerakkan ekonomi masyarakat termasuk selama masa pandemi Covid-19. Melalui ketiga program tersebut juga banyak lapangan kerja terbuka untuk masyarakat. Tercatat 45 juta lapangan kerja terbuka berkat KUR, Mekaar dan Makmur hingga saat ini diperkirakan terus bertambah.

Baca juga : Komit Gunakan Produk Dalam Negeri, TRK Sabet Penghargaan Ditjen Migas

Atas kerja nyatanya tersebut Erick Thohir didapuk sebagai Minister of the Year oleh CNBC Indonesia. Penghargaan ini menambah daftar panjang prestasi Erick Thohir di mana sebelumnya ia juga menerima penghargaan Moeslimchoice Award 2022, Tokoh Syariah 2022 dari Republika dan Majalah Investor dan salah satu Tokoh Islam Paling Berpengaruh di Dunia versi The Royal Islamic Strategic Studies dari Kerajaan Yordania.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.