Dark/Light Mode

Soal Elektabilitas Ganjar

PDIP Selow Saja

Sabtu, 17 Desember 2022 06:40 WIB
Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa),
Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa),

 Sebelumnya 
"Kalau dari PDIP jelas, keputusan tidak hanya didasarkan pada aspek elektoral. Keputusan didasarkan pada karakter pemimpin, kinerja pemimpin, rekam jejak pemimpin," ujar Hasto, di Yogyakarta, kemarin.

Selain itu, Hasto menyebut, capres PDIP harus dapat menyatukan diri dengan rakyat. Dia lalu menekankan, capres dari Banteng merupakan hak prerogatif Megawati, yang telah diberikan mandat oleh kongres. "Ibu Mega lah yang nanti akan memutuskan siapa yang akan dicalonkan oleh PDIP," lanjut Hasto.

Baca juga : BPIP Kerek Kualitas Layanan Kehumasan

Mengenai waktu deklarasi capres PDIP, Hasto bilang, menunggu momentum yang baik. PDIP tidak mau terburu-buru. Sebab, deklarasi capres harus melihat kesiapan aspek sosial, ekonomi, hingga politik.

"Bagaimana dinamika politik internasional juga dilihat. Kesiapan partainya, kesiapan pendukungnya, semua dilihat," jelas dia.

Baca juga : Sekda Palembang Di Atas Angin

Kenapa PDIP terkesan selow meski ada kadernya yang memiliki elektabilitas tinggi? Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah, wajar PDIP selow. Sebab, cuma PDIP yang bisa mengusung capresnya secara mandiri. Tidak harus mencari-cari koalisi agar memenuhi ambang batas pencalonan presiden yaitu 20 persen suara nasional atau 25 persen kursi di DPR.

"Bahkan jika harus menempatkan posisi sebagai cawapres sekalipun, PDIP tidak akan risau. Nah, ini yang memicu PDIP tidak terkesan tertarik dengan Ganjar. Karena bagi Mega, usung Ganjar atau Puan, bisa saja dalam hitungan mereka sama terkait peluang menang atau kalahnya di Pilpres," tukas Dedi. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.