Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BPIP Kerek Kualitas Layanan Kehumasan

Kamis, 15 Desember 2022 21:44 WIB
Sekretaris Utama BPIP, Adhianti. (Foto: Ist)
Sekretaris Utama BPIP, Adhianti. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terus meningkatkan kualitas layanan kehumasan.

Salah satunya dengan menyelenggarakan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Standarisasi Peliputan dan Strategi Kehumasan BPIP di Bandung, Jawa Barat, 13-15 Desember 2022. 

Sekretaris Utama BPIP, Adhianti berharap, acara tersebut mampu meningkatkan wawasan dan keterampilan sumber daya manusia di Humas dan kontributor yang andal dalam melaksanakan tugas sehari-hari. "Salah satu hal mendasar yang penting dipahami oleh Humas dan kontributor adalah bagaimana menciptakan produk informasi yang penting dan perlu diketahui oleh masyarakat," kata Adhianti, saat menyampaikan sambutan.

Baca juga : Tarif KRL Naik, Fasilitas Dan Layanan Tingkatkan Dong

Menurut dia, program dan kegiatan unsur pimpinan maupun unit kerja di BPIP sangat banyak dan beragam. Nah, kata dia, Humas memiliki peran besar dalam mendesiminasikan informasi secara kreatif dan inovatif agar kerja yang dilakukan BPIP dapat diterima dan dipahami oleh masyarakat.

"Sehingga peran BPIP dalam melaksanakan pembinaan Ideologi Pancasila di tengah masyarakat dapat terpublikasi secara efektif dan terdokumentasikan dengan baik," harapnya.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Antonius Benny Susetyo mengatakan, saat ini terdapat tantangan bagi humas BPIP dalam misi pembumian Pancasila, yaitu salah satunya kurangnya branding tentang BPIP. Ia menilai, masyarakat saat ini mengalami penurunan intensitas dalam dan kurangnya efektivitas dan daya tarik tentang pemberitaan Pancasila.

Baca juga : Importir Keluhkan Biaya Layanan Depo Empty

"Nah, ini merupakan titik penting bagi Humas BPIP untuk dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang aktifitas BPIP serta kinerja BPIP dan hasil apa yang sudah dicapai oleh BPIP sebagai lembaga Ideologi Negara," tuturnya.

Ia juga mendorong BPIP harus menjalin hubungan dengan pihak luar, setidaknya ada tiga pihak, yaitu perusahaan iklan, penyuplai produk, dan tentunya konsumen. "Informasi yang berbasis digital harus memiliki kekuatan, yaitu keahlian di bidang teknologi dan keahlian di bidang pengelolaannya," ujarnya. 

Benny melanjutkan, sesi materinya tentang branding komunikasi merupakan peran sentral untuk memberitakan, mengajarkan serta meyakinkan kepentingan tentang kegiatan, nilai tambahan dari aktivitas BPIP. 

Baca juga : BNI & Bank Nagari Komit Perkuat Layanan Perbankan Di Daerah

“Karena dengan branding komunikasi, kita dapat memberikan kontribusi untuk menaikkan nilai persepsi positif masyarakat atas brand BPIP," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Biro Fasilitasi Pimpinan, Humas dan Administrasi BPIP, Sunoto Setyo melaporkan, jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 54 orang dari setiap unit eselon II di BPIP dan 4 peserta dari Sekretariat Negara dan Sekretariat Wakil Presiden.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.