Dark/Light Mode

Meski Elektabilitasnya Kurang Moncer

Anies Bakalan Tetap Rajin Keliling Daerah

Rabu, 23 November 2022 07:40 WIB
Calon Presiden dari Partai Nasional Demokrat (Capres NasDem) Anies Baswedan saat berkunjung ke Ciamis, Jawa Barat, Minggu (20/11/2022). (Foto: Facebook)
Calon Presiden dari Partai Nasional Demokrat (Capres NasDem) Anies Baswedan saat berkunjung ke Ciamis, Jawa Barat, Minggu (20/11/2022). (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden dari Partai Nasional Demokrat (Capres NasDem) Anies Baswedan sampai saat ini elektabilitasnya belum juga nangkring di peringkat per­tama dalam hasil survei lembaga survei kondang. Kalau tidak di runner up, berada di posisi ketiga.

Meski begitu, salah satu rela­wan Anies Baswedan, Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) tidak mau pusing. Dipastikan aksi sosialisasi Anies terus berjalan.

“Tentu hasi survei, apapun itu akan kami jadikan masukan,” ujar Ketua Umum GPMI, Syarief Hidayatullah kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Prestasi Ekonomi Bikin Elektabilitas Airlangga Meroket

Menurutnya, aksi keliling daerah yang dilakukan Anies akan terus dilakukan, tanpa memedulikan segelintir hasil sur­vei. Baginya, perjuangan Anies menuju kontestasi Pilpres 2024 jauh lebih besar ketimbang hasil minus lembaga survei.

Misalnya, aksi turun keliling daerah itu bisa menampung aspirasi masyarakat tentang perubahan yang diinginkan. Nantinya, masukan itu akan menjadi program prioritas Anies untuk membawa bangsa ini semakin maju.

“Akan terus keliling. Setelah lepas jabatan, kini malah ma­kin leluasa. Di hampir setiap daerah, sambutannya luar bi­asa. Mungkin surveinya nggak menyasar kami para relawan. Di berbagai media, kemarin di Yogyakarta, sekarang hari ini (kemarin) di Ciamis, lautan Manusia mengelu-elukan Mas Anies,” pungkasnya.

Baca juga : Selain Elektabilitas, Capres KIB Kudu Berintegritas Dan Pro Rakyat

Sementara itu, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menganalisa, kehadiran dan kinerja relawan belum tentu berbanding lurus dengan hasil survei.

Menurutnya, relawan menjadi penanda bahwa salah satu tokoh itu mendapatkan dukungan oleh masyarakat. “Ya menandakan adanya dukungan. Wajar saja menjamur dan ramai,” ujar Adi kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Namun, relawan juga punya berperan dalam sebuah acara maupun ceremonial suatu tokoh di sejumlah daerah. Relawan, menandakan adanya dukungan dari masyarakat yang berada di luar jalur partai politik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.