Dark/Light Mode

Soal Elektabilitas Ganjar

PDIP Selow Saja

Sabtu, 17 Desember 2022 06:40 WIB
Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa),
Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa),

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Ganjar Pranowo sedang melejit. Di beberapa survei, Gubernur Jawa Tengah itu, selalu berada di puncak, mengungguli Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Menanggapi hal ini, PDIP selow saja.

Hasil survei terbaru yang digelar Center for Political Communication Studies (CPCS), memperlihatkan moncernya nama Ganjar dalam menghadapi Pilpres 2024. Dalam survei ini, elektabilitas kader PDIP itu, mencapai 24,1 persen. Dia unggul atas Prabowo yang meraih 22,3 persen, dan Anies yang membukukan 21,4 persen.

Baca juga : BPIP Kerek Kualitas Layanan Kehumasan

Menurut CPCS, elektabilitas Ganjar menunjukkan tren kenaikan selama dua tahun terakhir. Sementara, Prabowo cenderung stabil, sehingga berpeluang disalip Anies yang bergerak melejit. Jika tren survei tersebut bertahan hingga tahun depan, CPCS memprediksi, Ganjar dan Anies akan bersaing ketat, meninggalkan Prabowo.

Hasil penelitian Lembaga Survei Nasional (LSN) tidak jauh berbeda. Di survei ini, Ganjar berada di klaster teratas dengan rentang elektabilitas 20-25 persen. Di klaster itu, Ganjar bersanding dengan Prabowo dan Anies.

Baca juga : Sekda Palembang Di Atas Angin

Direktur Eksekutif LSN Gema N Bakry tidak menyebutkan secara pasti persentase elektabilitas bakal capres. Dia hanya memaparkan urutan. Di klaster 1 itu, urutannya adalah Prabowo, Ganjar, Anies.

"Mengingat selisih elektabilitas antara satu capres dengan capres lain di setiap klaster sangat tipis, kami sengaja tidak menyebutkan angkanya untuk menghindari kesimpulan yang kurang tepat akibat methodological fallacy," kata Direktur Eksekutif LSN Gema N Bakry, dalam konferensi pers virtual, Jumat, kemarin.

Baca juga : Prabowo Tertawa 2 Kali

Namun, potensi Ganjar yang sangat besar ini tidak membuat PDIP silau. Banteng tetap selow. Banteng patuh menunggu keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, menentukan capres yang bakal diusung.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menerangkan, keputusan PDIP terkait capres tak hanya mempertimbangkan faktor elektabilitas semata. Ia menekankan, capres dari PDIP harus memiliki karakter dan rekam jejak yang baik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.