Dark/Light Mode

Di Bawah Erick, Reaktivasi Legenda Mak Itam Lebih Cepat Dari Target Januari 2023

Rabu, 21 Desember 2022 12:48 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) saat meresmikan reaktivasi simbol keberadaan perkeretaapian di Ranah Minang, Selasa (20/12). (Foto: Instagram)
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) saat meresmikan reaktivasi simbol keberadaan perkeretaapian di Ranah Minang, Selasa (20/12). (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Lokomotif Uap E1060 atau Mak Itam, diperbaiki agar tekanan uap lokomotif tersebut berada pada 8-11 atm.

Fungsi pengereman dioptimalkan, untuk memenuhi standar keselamatan operasional lokomotif uap.

Dengan tekanan uap yang cukup, Mak Itam dapat menarik 2-3 kereta pada kelandaian 17 permil di lintas Sawahlunto - Muaro Kalaban.

Tak bisa sendirian

Baca juga : Eks Ketua DPP PSI Nilai Erick Thohir Layak Jadi Cawapres Di Pilpres 2024

Andre Rosiade mengatakan, membangun Sumbar tidak bisa dilakukan sendiri. Harus dilakukan secara bersama-sama. Perlu sinergitas.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN dan seluruh BUMN, yang terlibat dalam merealisasikan pengoperasian kembali KA Mak Itam ini,” ujarnya.

Sementara Didiek Hartantyo menuturka, kick off ini menjadi tanda dimulainya perbaikan sarana dan prasarana jalur KA Sawahlunto - Muaro Kalaban, yang sarat potensi pariwisata.

"Perbaikan akan dilakukan dengan sebaik mungkin, penuh ketelitian, dan tetap mengutamakan keselamatan," ujar Didiek.

Baca juga : Siap-siap, Daihatsu Indonesia Master Bakal Digelar Januari 2023

Dia bilang, ini merupakan momen yang istimewa dan bersejarah. Kolaborasi empat BUMN akan memperbaiki dan mengoperasikan kembali, jalur KA yang penuh sejarah.

Pengoperasian kembali jalur Sawahlunto - Muaro Kalaban, dipastikan menjadi semangat baru dalam pemulihan perekonomian, melalui sektor pariwisata.

Sementara itu, Bio Farma berkomitmen untuk mendukung Program Perbaikan Sarana dan Prasarana Jalur KA Sawahlunto - Muaro Kalaban. Mengingat jalur ini memiliki potensi peningkatan ekonomi bagi warga sekitar, melalui pariwisata alam.

Dengan aktifnya kembali Jalur KA Sawahlunto - Muaro Kalaban, melalui kolaborasi empat BUMN, masyarakat yang berada di jalur tersebut, bisa merasakan kehadiran BUMN.

Baca juga : Uji Coba Lancar, KAI Targetkan Kereta Cepat Jakarta Bandung Meluncur Juni 2023

Di lain pihak, Nugroho Christijanto menekankan dukungan Pupuk Indonesia pada proyek ini, karena adanya harapan munculnya sarana edukasi dan wisata.

Terpenting, dapat membangkitkan perekonomian masyarakat setempat pasca pandemi Covid-19.

Pada kesempatan sama, Yosviandri mengatakan, reaktivasi Mak Itam merupakan bagian dari menghidupkan kembali sejarah dan wisata edukasi bagi generasi muda. Terutama, mengenai perkeretaapian dan pertambangan batu bara di Sumbar.

PT Semen Padang, merupakan bagian dari sejarah pengguna jalur kereta api Sawahlunto. Kereta adalah sarana yang mengangkut batu bara sebagai bahan bakar pabrik semen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.